Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Penyebab Polsek Aruta Gencarkan Penindakan Illegal Mining

  • Oleh Wahyu Krida
  • 18 Januari 2022 - 15:11 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Walau sosialisasi dan edukasi terus dilakukan oleh anggota Polsek Arut Utara (Aruta) terkait larangan melakukan tambang illegal atau illegal mining, namun tetap saja masih ada pihak yang membandel dan melakukan aktivitas tersebut.

Kapolsek Aruta Ipda Agung Sugiarto, Selasa 18 Januari 2022 mengatakan karena itulah bila ada yang berupaya melakukan illegal mining tentunya akan ditindak secara hukum yang berlaku.

"Karena itulah kemarin Senin kami mengamankan 6 pelaku illegal mining dan seorang pemodal tambang di lokasi Dukuh Parit Cina, RT 7 Kelurahan Pangkut Kecamatan Aruta," jelasnya. Karena aktivitas illegal mining sangat berbahaya dan berpotensi merengggut korban jiwa.

"Contohnya peristiwa yang terjadi sekitar November 2020 di lokasi tambang lain yaitu Sungai Seribu. Sebanyak 10 penambang illlegal terkubur hidup-hidup dalam lubang tambang sedalam puluhan meter yang digali mereka," jelasnya.

Karena resiko keamanan dan rentan mengakibatkan korban jiwa inilah kenapa pihaknya terus menggencarkan sosialisasi terkait larangan melakukan aktivitas tambang illegal.

"Kami terus mengimbau masyarakat agar beralih ke pekerjaan yang lebih minim risiko dan tidak merusak alam. Jangan sampai kejadian yang sama terulang kembali dan memakan korban jiwa. Masih banyak pekerjaan yang tidak berisiko tinggi seperti ini, jadi tidak ada alasan untuk tidak ada pekerjaan lain," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru