Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani Tomat di Kelurahan Pasir Putih Ini Berpenghasilan Ratusan Juta Rupiah

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 11 Februari 2022 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Petani tomat di Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) ini berpenghasilan ratusan juta dalam sekali panen. 

Petani tersebut bernama Supri, dirinya menggeluti bidang pertanian sekitar 1 tahun terakhir. Dan ternyata hasilnya sangat menguntungkan, bahkan diluar dugaan banyak orang. 

"Alhamdulillah, hasil pertanian yang saya jalankan saat ini sangat menguntungkan, bahkan bisa membeli kendaraan roda empat dalam sekali panen," ujar Supri, Jumat, 08 Februari 2022. 

Dirinya mengaku, beberapa bulan lalu ia telah menanam 6.000 tomat di lahan 1,5 hektare. Dan hasilnya saat panen setelah ditanam 3 bulan yakni 18,9 ton tomat. Saat itu, harga tomat Rp 10 ribu per kilo. Sehingga, dari hasil tersebut dirinya dapat membeli pikap dan juga sebuah mobil avanza. 

Saat ini dirinya kembali menanam tomat di lahan 3,4 hektare, dengan jumlah 13 ribu pohon tomat, dan akan segera di panen pada 25 Februari 2022 mendatang. 

"Kalau tidak ada serangan hama atau kendala yang membuat gagal panen, paling tidak bisa menghasilkan sekitar 30 ton," kata Supri.

Saat ini harga tomat di pengepul masih Rp 10 ribu. Dan dirinya berharap tidak ada penurunan harga. Sehingga, hasil yang didapatkan lebih besar. 

Supri mengungkapkan bahwa perawatan yang dilakukannya terhadap tanaman tomat sendiri tidak banyak menggunakan pupuk pestisida. Namun menggunakan pupuk organik dari sejumlah bahan.

Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan produksi dan tomat yang aman dikonsumsi. 

"Upaya ini kami lakukan agar tomat yang kami jual lebih aman di konsumsi, dengan mengurangi pemakaian pupuk kimia," terang Supri. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru