Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemda Diminta Antisipasi Dini Potensi Bencana

  • Oleh Donny Damara
  • 12 Februari 2022 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Yulilis meminta kepada pemda di Kalteng agar dapat mengantisipasi secara dini setiap potensi bencana yang akan terjadi. Mengingat tahun lalu hampir seluruh daerah di provinsi ini terdampak bencana alam seperti banjir.

Selain itu, antisipasi dini potensi bencana tidak hanya seperti bajir saja, melainkan bencana lain seperti kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang juga menjadi bencana tahunan ketika musim kemarau melanda Kalteng.

"Salah satu upaya antisipasi dini bencana yang bisa dilakukan yakni dengan melakukan pemetaan wilayah rawan bencana. Dengan begitu akan memudahkan pemerintah dan pihak terkait dalam penanggulangan," ujarnya, Sabtu, 12 Februari 2022.

Di sisi lain, dalam upaya mendeteksi dini bencana tidak hanya mengharapkan peran pemerintah saja, tapi juga peran semua pihak baik itu masyarakat dan swasta.

Dijelaskan bahwa, pihak swasta terutama perusahaan tambang dan perkebunan diharapkan dapat mereboisasi lahan atau hutan sebagai tempat resapan air serta membantu menyosialisasikan pelarangan pembakaran lahan.

Selanjutnya, keterlibatan semua elemen masyarakat juga diharapkan mulai peduli kepada kelestarian lingkungan agar bencana alam baik itu banjir, tanah longsor dan lain-lain dapat diminimalisir, serta yang paling penting kesadaran masyarakat untuk tidak membakar lahan.

"Antisipasi ini penting karena bencana-bencana itu kerap terjadi di Kalteng. Jadi, sudah saatnya kita berupaya memulihkan ekosistem alam. Dengan kesadaran bersama bencana tersebut bisa diminimalisasi dampaknya," tukasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru