Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Barito Timur Berupaya Terapkan Hasil Studi Banding

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 21 Februari 2022 - 19:51 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barito Timur berupaya agar hasil studi banding di Pontianak beberapa waktu lalu segera diterapkan untuk mendorong peningkatan mutu maupun harga jual bahan olah karet atau bokar.

"Yang pasti kita akan berusaha menterjemahkan, menerapkan hasil dari studi banding kemarin," ungkap Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Trikorianto, Senin 21 Februari 2022.

Menurutnya studi banding yang diikuti oleh beberapa dinas terkait yang tergabung dalam tim ekonomi kerakyatan bukan sekedar jalan-jalan, tapi benar-benar ingin menerapkan hasil studi banding tersebut di Barito Timur karena daerah ini merupakan penghasil karet.

"Petani kita di Barito Timur 90 persen membudidayakan karet, ini yang menjadi perhatian kita," tuturnya. Langkah yang yang dilakukan dalam waktu dekat yakni membentuk unit pengolahan dan pemasaran bokar atau UPPB di beberapa desa.

Selain itu bekerja sama dengan dinas pemberdayaan masyarakat desa dan sosial, pihaknya juga akan mendorong terbentuknya beberapa BUMDes Bersama di bidang jual beli karet.

"Setelah BUMDes atau UPPB terbentuk, kemudian dibicarakan kualitas karet seperti apa yang diinginkan oleh pabrik, UPPB dan BUMDes nanti diharapkan menjalin hubungan dengan pabrik yang harga belinya lebih tinggi," jelasnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru