Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Harapkan Tenaga Honorer Dapat Prioritas Jadi ASN

  • Oleh Hendri
  • 07 Maret 2022 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Palangka Raya Rusdiansyah berharap pemerintah dapat memprioritaskan tenaga honorer di kota setempat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Hal itu mengingat rencana pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) yang akan menghapus status tenaga honorer di pemerintahan mulai 2023.

Diketahui, penghapusan pegawai honorer sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang manajemen PPPK.Dengan demikian, pegawai pemerintah hanya akan terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK).

"Kami berharap nanti ke depannya pemerintah kota dapat mengutamakan para honorer atau PTT ini agar diprioritaskan menjadi ASN melalui seleksi PPPK. Teknisnya ada di BKPSDM dan kami akan konsultasi dengan Kemenpan RB," katanya, Senin 7 Maret 2022.

Politisi PKB itu mengatakan, penghapusan pegawai honorer di instansi pemerintahan ini diberikan waktu hinga tahun 2023. Nantinya, pegawai honorer yang ada saat ini dapat diangkat menjadi ASN dengan melalui proses seleksi CASN.

"Kami sudah kunjungan kerja ke BKPSDM mempertanyakan kejelasan nasib pegawai PTT apabila nanti penghapusan benar-benar dilakukan tahun depan. Sehingga harapannya pegawai honorer saat ini tetap mendapatkan pekerjaan layak," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Palangka Raya, Fauzi Rahman menyebutkan jumlah honorer yang tercatat tahun lalu yakni sebanyak 1.867 orang. Angka tersebut termasuk honorer yang bekerja di kantor kelurahan maupun kecamatan. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru