Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sambut IKN, Pemkab Barito Timur Upayakan Pelebaran Jalan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 04 April 2022 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas PUPR Perkim Kabupaten Barito Timur, Yumail J Paladuk menyampaikan instruksi Bupati Ampera AY Mebas kepada Dinas PUPR Perkim terkait persiapan menyambut Ibu Kota Nusantara atau IKN untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di Barito Timur sebagai gerbang masuk IKN dari wilayah Kalimantan Tengah.

"Bupati meminta kita untuk mengusulkan ke balai (Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XI Banjarmasin) untuk memperlebar jalan yang termasuk jalan nasional yaitu Bambulung - Ampah, Ampah - Pasar Panas dan Ampah menuju arah Muara Teweh," kata Yumail di kantornya, Senin, 4 April 2022.

Kemudian ke Pemprov Kalteng, lanjut Yumail, Bupati meminta diusulkan pelebaran Jalan Pasar Panas - Bentot, Bentot - Kambitin, Bentot - Hayaping dan Hayaping - Patung.

"Sedangkan pelebaran jalan yang menjadi tanggung jawab kabupaten yaitu Jalan Nansarunai dari Tamiang Layang hingga ke Hayaping," ungkapnya.

Menurut Yumail, pada tahun 2022 ini, Pemprov Kalteng sudah menganggarkan sebesar Rp 20 miliar untuk peningkatan Jalan Hayaping - Patung.

Dia menjelaskan, Bupati meminta usulan pelebaran jalan dengan tujuan agar semua jalan yang ada di Barito Timur terkoneksi dengan baik dan mendukung pengembangan kota.

"Selain infrastruktur jalan yang kita siapkan, Barito Timur juga mempersiapkan diri sebagai penyangga pangan IKN karena selama ini kita mengalami surplus beras urutan ke-4 di Kalteng. Peluang kita menjadi penyanggah pangan IKN juga ditunjang dengan irigasi teknis memadai yang kita miliki saat ini seperti Bendungan Karau," terang Yumail. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru