Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Gumas Minta Pihak Terkait Aktif dalam Pelaporan Administrasi Kependudukan

  • Oleh Riska Yulyana
  • 28 April 2022 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Bupati Gunung Mas Jaya S Monong menyambut baik dengan adanya kegiatan sosialisasi tertib administrasi kependudukan dan pencatatan sipil tahun 2022 yang telah dilaksanakan pada Senin 25 April 2022.

"Saya mengapresiasi kepada para peserta dari desa, kelurahan, kecamatan se-Kabupaten Gunung Mas yang telah mengikuti kegiatan sosialisasi kemarin," ujarnya, Kamis 28 April 2022.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa tahun 2024 akan dilaksanakan pesta pemilihan umum dan hal tersebut tidak lepas dari adanya tertib administrasi karena berkaitan dengan data pemilih.

Olehkarena itu, Jaya meminta pada kepala desa, lurah maupun camat untuk aktif dalam pelaporan kependudukan, pasalnya bisa jadi di daerah masing-masing ada penduduk yang sudah pindah atau sudah meninggal namun masih tercantum sebagai calon pemilih.

"Saya minta kepada Disdukcapil, camat, lurah maupun kepala desa untuk selalu aktif dalam pelaporan peristiwa kependudukan di tempat masing-masing," tegasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Gunung Mas melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) menggelar Sosialisasi Tertib Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahun 2022 di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Damang Batu pada Senin 25 April 2022.

Tertib administrasi kependudukan ini penting dilakukan karena berkaitan dengan pemilu, pileg dan pilkada tahun 2024, tepatnya terkait hak pilih, yang mana hak pilih bisa dibuktikan dalam bentuk KTP-el.

Dalam kegiatan kemarin, materi disampaikan secara panel, diskusi dan tanya jawab terkait permasalahan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil serta upaya-upaya yang akan dilakukan.  (RISKA YULYANA/B-5)

Berita Terbaru