Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Trinsing Kembangkan Budidaya Tanaman Cabe Rawit

  • Oleh Ramadani
  • 31 Mei 2022 - 00:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pemerintah Desa (Pemdes) Trinsing Kecamatan Teweh Selatan Kabupaten Barito Utara bersama warganya mulai mengembangkan budidaya cabe (cabai) rawit dengan lakukan tanam perdana bersama dilahan setengah hektar dilahan milik kepala desa terpilih, Yulianto.

Penanaman bersama dihadiri Camat Teweh Selatan, Dinas Pertanian, TP PKK Kabupaten dan Kecamatan, Plt Kepala Desa Trinsing, Kepala Desa Trinsing terpilih dan petani muda milenial dan lainnya, Kamis 26 Mei 2022.

Yulianto Kepala Desa Trinsing terpilih pada pilkades 2022 kemarin mengatakan untuk tanam cabe rawit perdana ini pihaknya membuka lahan seluas setengah hektar, dan untuk kelanjutannya nanti akan di buka sebanyak lima hektar atau satu hamparan.

Dari penanaman perdana cabe rawit ini diperkirakan sekitar tiga bulan sudah bisa dilakukan panen dan delapan bulan panen beruntun. 

“Kita berharap bantuan dari semua pihak di daerah ini untuk memajukan ketahanan pangan di Desa Trinsing,” kata Yulianto, Senin 30 Mei 2022.

Sementara Camat Teweh Selatan, Asmuri mengatakan penanaman perdana cabe ini ditempat lahan Yulianto Kepala Desa Tringsing terpilih pada pemilihan kepala desa (Pilkdes) serentak 2022 19 Mei 2022.

“Penanaman perdana ini bukan pertama kali menanam, tapi sudah berkali kali berhasil dan dipanen. Kami berharap agar Kepala Desa terpilih nantinya bisa mengajak warga semua untuk mengembangkan tanam lombok atau cabe ini baik di pekarangan atau dilahan kosong.

“Karena selama ini lombok atau cabe Desa Tringsing ini primadona dan mungkin satu satunya Desa penghasil lombok atau cabe terbanyak di Barito Utara yaitu Desa Trinsing,” katanya. (RAMADHANI/B-6) 

Berita Terbaru