Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotim Harus Segera Miliki Jembatan Timbang

  • Oleh Naco
  • 28 Juni 2022 - 08:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Hairis Salamad mendorong agar pemerintah daerah memiliki jembatan timbang.

"Meskipun itu urusan dan kewenangan itu ada di pemerintah pusat. Kita harus upayakan itu," katanya, Selasa, 28 Juni 2022.

Harapan Hairis sangat beralasan sebab kondisi angkutan di daerah itu sudah melewati ambang batas kemampuan jalan yang dibangun pemerintah.

Akibatnya jalan cepat mengalami kerusakan. Angkutan yang melintas di jalan itu diantaranya adalah angkutan hasil industri dari perusahaan perkebunan kelapa sawit.

"Bagaimana ini kedepan kalau perkebunan atau pertambangan ini sudah mulai beroperasi dampaknya jalan sekarang kita sudah rasakan. Salah satunya kerusakan jalan," tegad Hairis.

Menurutnya dengan ada jembatan timbang ini akan mempermudah pengawasan serta mendisiplinkan semua angkutan yang melintas di jalan tersebut. 

"Kedepannya dari Dinas Perhubungan bisa  bantu bagaimana bisa  sukseskan program  ada jembatan timbang," tukasnya.

Menurutnya untuk areal yang tepat itu seperti di Jalan HM Arsyad karena jalan itu merupakan lintasan untuk angkutan perusahaan. 

"Setiap hari tidak kurang dari 3.000 kendaraan yang melintas. Hal tersebut harusnya dibarengi dengan adanya jembatan timbang untuk perimbangan dari menjamurnya bisnis angkutan tersebut," tegasnya.

Hairis mendukung agar Dinas Perhubungan Kotim tegas untuk menindak  kendaraan yang Over Dimensi Over Load (ODOL). 

Ini tidak bisa diabaikan, apabila diabaikan maka angkutan over kapasitas dan dimensi itu akan terus melindas jalan, baik di jalan kabupaten hingga jalan milik pemerintah provinsi. (NACO/B-5)

Berita Terbaru