Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala BNN Kalteng Tegaskan Terus Berupaya Cegah Penyalahgunaan Narkoba

  • Oleh Budi Yulianto
  • 27 Agustus 2022 - 14:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kalteng, Brigjen Pol Sumirat Dwiyanto menegaskan terus berupaya untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di daerah setempat.

“Penyalahgunaan ini ancaman serius dan mampu melumpuhkan berbagai energi positif.  Penyalahgunaan menyebabkan banyak masalah kerugian bagi individu, keluarga, bahkan negara,” katanya.

Ia menyampaikan hal itu ketika menggelar pemusnahan sabu pada Jumat, 26 Agustus 2022. Sabu yang dimusnahkan merupakan hasil dari pengungkapan terhadap beberapa tersangka.

Pengungkapan pertama yakni MJ (laki-laki 28 tahun) dan MS (perempuan (26 tahun). Mereka ditangkap di wilayah Kotim pada 31 Juli 2022 sekitar pukul 14,00 WIB. MJ berperan sebagai pengambil barang pesanan sabu, sedangkan MS membantu memantau situasi pada lokasi pengambilan barang tersebut.

Dari penggeledahan, ditemukan 100,84 gram sabu. Selanjutnya, anggota melakukan pengembangan. Hasilnya, pasangan suami istri BD (40) dan SN (40) ditangkap. Keduanya berperan sebagai pengendali MJ untuk melakukan pengambilan barang itu. Saat digeledah, sabu yang ditemukan berjumlah 7,8 gram.

“Dari kasus pertama, sebagian disisihkan pengujian laboratorium, kemudian untuk kepentingan persidangan dan sisanya dimusnahkan 95,27 gram,” katanya.

Kasus kedua, lanjut dia, anggota mengamankan ST (laki-laki 45 tahun) pada 14 Agustus 2022. Mulanya, petugas mencurigai seseorang mengendarai motor arah Provinsi Kalbar menuju Sampit. Setelah digeledah, ditemukan 7 bungkus diduga sabu dengan berat 215 gram.

“Barang bukti tersebut disisihkan untuk pemeriksaan laboratorium, bukti persidangan dan dimusnahkan 180,07 gram. Sehingga, total yang dimusnahkan berjumlah 275,34 gram sabu,” tuturnya. (B-7)

Berita Terbaru