Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Gunung Mas Bangun Tenda Pengungsian untuk Warga Terdampak Banjir di Kecamatan Tewah

  • Oleh Riska Yulyana
  • 05 September 2022 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Banjir di Kecamatan Tewah Kabupaten Gunung Mas belum juga surut. Olehkarena itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunung Mas turun tangan dengan mendirikan tenda pengungsian dan membuat dapur umum. 

"Kami sudah berangkat menuju lokasi banjir dan pihak BPBD membuat dapur umum serta mendirikan tenda pengungsian untuk masyarakat setempat," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunung Mas Champili, Minggu 4 September 2022.

Pihaknya juga membawa sarana prasarana yang dibutuhkan seperti satu buah mobil truk dapur umum, satu unit mobil pick up Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) , dua unit mobil, satu set tenda pengungsian, 15 rompi pelampung dan satu perahu karet.

"BPBD Provinsi Kalteng terus melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Gunung Mas untuk memastikan penanganan masyarakat terancam dan terdampak banjir tertangani dengan baik," paparnya.

Dikatakannya, upaya lain yang dilakukan pihaknya yakni terus berkoordinasi dengan dinas terkait dan perangkat desa setempat.

Champili menjelaskan, lokasi terjadinya banjir yakni di Kelurahan Tewah, Kecamatan Tewah Kabupaten Gunung Mas yang mana air banjir merendam jalan desa dengan ketinggian debit air sekitar antara 100-140 cm.

"Untuk berapa jumlah rumah yang terendam banjir dan berapa KK dan jiwa yang terkena dampak, masih dalam pendataan," tandanya.

Perlu diketahui, banjir telah menggenang di beberapa titik di Kecamatan Tewah pada Sabtu 3 September 2022. Banjir tersebut terjadi diduga karena meluapnya sungai di wilayah setempat yang dipicu hujan deras. 

Akibatnya banjir menggenangi jalan dan juga jembatan sehingga menghambat mobilitas masyarakat. (RISKA YULYANA/B-11) 

Berita Terbaru