Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Desa di Barito Selatan Dijadikan Percontohan Budidaya Cabai

  • Oleh Uriutu
  • 08 September 2022 - 18:31 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Desa Sababilah, Kecamatan Dusun Selatan, Barito Selatan, dijadikan sebagai percontohan budidaya tanaman cabai rawit.

“Belum lama ini kita telah melakukan Gernas penanaman 500 bibit cabai di pekarangan dan polybag di kelompok tani Sipamatuk Sipangekeh di Desa Sababilah,” kata Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura pada DKPPP Barsel, Aida Herawani, Kamis, 8 September 2022.

Desa Sababilah dijadikan sebagai percontohan, karena masyarakat di desa itu sudah menanam cabai rawit ini secara mandiri.

Selain itu Desa Mangaris dan Pamangka, Kecamatan Dusun Selatan juga merupakan salah satu sentra tanaman hortikultura.  

Selain menyerahkan bibit tanaman cabai rawit, pihaknya juga menyerahkan benih cabai  rawit kepada Balai Benih Hortikultura yang berada di Desa Mangaris, Kecamatan Dusun Selatan.

"Balai Benih Hortikultura yang akan melakukan pembibitan terhadap benih cabai rawit yang kita serahkan tersebut," katanya.

Menurutnya jika pembibitan terhadap benih itu nantinya berhasil, diperkirakan akan menghasilkan sebanyak 25.000 bibit cabai rawit. Ini nanti akan dibagikan kepada masyarakat atau Desa yang siap menanamnya.

Namun jika tidak memiliki pekarangan dan lahan, penanaman dapat dilakukan masyarakat menggunakan polybag. “Hal ini kita lakukan dalam rangka menekan inflasi,” jelasnya.

Ia menyampaikan Pj Bupati Barsel juga telah membuat surat edarannya kepada Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) untuk menanam cabai rawit ini.

Termasuk kepada camat, lurah dan kepala desa melalui PKK-nya serta sekolah untuk menanam cabai rawit dalam upaya menekan inflasi. (URIUTU DJAPER/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru