Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Diminta Jaga Kebersihan Lingkungan

  • Oleh Hendri
  • 16 September 2022 - 08:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Nenie A Lambung turut angkat bicara terkait dengan bencana banjir yang melanda sebagian wilayah di Kalimantan Tengah.

"Pertama, memang curah hujan sangat tinggi karena saat ini sudah memasuki musim hujan. Kedua, debit air yang sangat banyak tidak tertampung di sungai dan akhirnya meluap menutup akses jalan bahkan sampai merendam kawasan permukiman warga," katanya, Kamis, 15 September 2022.

Meski demikian, Politisi PDI Perjuangan ini meyakini ada langkah-langkah yang bisa ditempuh oleh masyarakat untuk meminimalisir dampak dan resiko dari bencana alam.

Untuk itu, dirinya mengimbau masyarakat terus menjaga kebersihan lingkungan khususnya kawasan sungai dan kali, dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Termasuk menjaga agar saluran drainase di kawasan pemukiman tetap bersih dan tidak tertumpuk sampah. Itu supaya air dapat mengalir lancar dan tidak menggenangi kawasan permukiman.

Selain itu, konsep pembangunan yang mengedepankan kebutuhan terhadap lingkungan juga sangatlah vital. Pembangunan kawasan pertokoan dan rumah, diharapkan tidak sampai menutup saluran air dan pembuangan. 

"Setidaknya apa yang bisa dilakukan, maka lakukan secara bersama-sama. Mengedepankan kebutuhan bersama akan lingkungan yang bebas bencana alam dan sikap gotong-royong mengantisipasinya," pungkasnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru