Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menteri Desa: Warga Eks Gafatar Boleh Ikut Transmigrasi, Asal'

  • 28 Januari 2016 - 15:45 WIB

PENTOLANGafatar Mahful M Tumanurung meminta agar pemerintah menjamin keselamatan asset atauharta kekayaan warga eks Gafatar yang ditinggalkan di Kalimantan Barat.

Karenamereka di kampung halaman  juga sudahtidak punya tanah, rumah dan uang untuk hidup. Mereka suatu saat nanti masihberharap bisa kembali ke daerah yang selama ini mereka garap sebagai lahanpertanian.

Adasekitar 5.000-an warga yang dipulangkan dari beberapa daerah/kabupaten diKalimantan Barat. Mereka ada yang dari Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah,Yogyakarta dan Jawa Timur.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal,dan Transmigrasi Marwan Jafar mengatakan, kelak warga eks Gafatarboleh ikut program transmigrasi yang diselenggarakan pemerintah.

Merekaboleh ikut program transmigrasi, asal tidak menganut ideologi lain selainPancasila.  "Prinsipnya, kalau mereka mau transmigrasi, oke.Saya sediakan semua lahan, semua proses harus diikuti. Tapi tidak ada namanyatransmigrasi itu eksklusif kelompok itu tok (saja)," kata Marwandi Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (26/1/2016).

Nah, sudahpasti, program transmigrasi itu tersebar di berbagai daerah seperti Kalimantan,Sulawesi bahkan juga Sumatera.

Sementaramereka minta kembali ke Kalimantan Barat seperti di Mempawah dan lainnya.  "KalauNKRI dan Pancasila tidak clear, tidak akan saya berangkatkan. Pokoknyabetul-betul dia harus mencium Merah-Putih, cinta NKRI, dan menghormatiPancasila," ujarnya. (*)

Berita Terbaru