Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati dan Wakil Bupati Gunung Mas Ikuti Gerakan Menanam Cabai untuk Cegah Inflasi

  • Oleh Riska Yulyana
  • 05 Oktober 2022 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Dalam Rangka Gerakan Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP), Bupati Gunung Mas (Gumas) Jaya Samaya Monong didampingi Wakil Bupati Efrensia L.P Umbing bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) mengikuti kegiatan Gerakan Menanam Cabai di Kuala Kurun, Selasa, 4 Oktober 2022.

"(GNPIP) sejalan dengan Smart Agro Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, karena pembangunan Smart Agro pertanian yang berkelanjutan terdiri dari berbagai koomoditas tidak hanya tanaman pangan dan hortikultura saja akan tetapi peternakan dan kesehatan hewan, demikian juga dengan perkebunan," ujarnya.

Dia melanjutkan, salah satu komoditas yang dilakukan pada hari ini Gerakan Menanam Cabai (Sakuyan Lombok) yang melibatkan para petani.

Jaya menjelaskan bahwa pelibatan para petani untuk berkontribusi dalam pengendalian inflasi khususnya komoditas cabai sangat strategis karena mereka langsung menjadi pelaku utama dalam pembangunan sektor pertanian.

"Kepada petani yang mengikuti Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan saya minta agar benar-benar manfaatkan sarana produksi yang telah dibantu dalam mengelola tanaman cabai dengan baik," tukas Jaya.

Sebagai bentuk komitmen dan kehadiran Pemerintah Kabupaten Gunung Mas untuk mendukung smart agro, pihaknya telah mengalokasi anggaran dalam perubahan APBD Tahun 2022 anggaran sebesar Rp 400.000.000, untuk Dinas Pertanian Kabupaten Gunung Mas.

Kata Jaya, berdasarkan laporan Kepala Dinas Pertanian Letus Guntur bahwa dana ini digunakan untuk Bidang Peternakan bantuan pakan ternak untuk petani ayam petelor dan bidang tanaman pangan dan hortikultura bantuan sarana produksi untuk para petani cabau dan bantuan bibit cabai dalam polybag kepada rumah tangga. (RISKA YULYANA/B-7)

Berita Terbaru