Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KM Satya Kencana III Karam, Ini Dampaknya bagi Pelabuhan Panglima Utar Hanya

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 19 Oktober 2022 - 12:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pasca-insiden karamnya KM Satya Kencana III di Pelabuhan Panglima Utar Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat. Berbagai upaya telah dilakukan termasuk rencana pengaturan kapal sandar di pelabuhan tersebut.

Manager Terminal Penumpang Pelindo III Kumai M Rahmadi mengatakan, aktivitas di Pelabuhan Panglima Utar Kumai tetap berjalan lancar. Namun dampak dari insiden ini pihaknya menerapkan sistem sandar kapal secara bergantian. Lantaran, pelabuhan hanya bisa disandari satu kapal.

"Aktifitas pelabuhan tetap berjalan lancar, jadi hanya semangat yang berubah, karena biasanya untuk sandar dua kapal, ini hanya bisa satu kapal, Sehingga harus bergantian di satu tambatan," kata Rahmadi," Rabu, 19 Oktober 2022.

Jadi teknisnya, kapal itu bergantian sandarnya. Jika ada kapal yang mau masuk bersandar, maka kapal yang sebelumnya sudah sandar harus berlatih duku ke seberang. Melihat posisi kapal yang karam berada di ujung pelabuhan, maka tidak mengganggu olah gerak kapal.

"Sampai saat ini, kondisi tersebut tidak mengganggu jam keberangkatan. Karena jadwal kapal memiliki tenggat waktu yang cukup lama, dan hingga kini tidak ada berbenturan waktunya," tuturnya.

Sementara ini yang pasti itu ada gangguan untuk arus kapal, sebab yang biasanya line Kumai - Surabaya atau sebaliknya dilayani dua kapal, kini hanya ada satu kapal, karena satu karam ini.

"Untuk saat ini kami belum tau apakah ada penggantinya atau seperti apa, kami menunggu informasi dari DLU," ungkapnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru