Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Sebut Air Sungai Mapam Telah Tercemar

  • 09 Februari 2016 - 21:40 WIB

WARGA Kelura'h''an Padang, Ke'camatan Su'ka''mara, Kabupa'ten Sukamara, khususnya yang tinggal di bantaran Su'ngai Mapam, menduga air su'ngai yang mereka gunakan beraktivitas sehari-hari telah ter'cemar.

Salah seorang warga Kelu'rah'an Padang, Taswin, me'nga''takan air Sungai Mapam di''''duga mulai tercemar sejak No'vember 2015. Hal itu dibuk'ti''kan dengan banyaknya ikan di keramba masyarakat yang mati.

'Menurut saya air sungai ter'''cemar sejak kejadian ikan di keramba warga ba'nyak yang mati. Jadi bisa di''pastikan itu karena airnya ter''cemar,' kata Taswin.

Di pihak lain, anggota DPRD Sukamara Sukardi, me''nuturkan bahwa saat me''lakukan kunjungan kerja pa'da masa reses, beberapa wak'tu lalu, dirinya banyak me'nerima keluhan dari ma'sya'rakat Kelurahan Padang mengenai air Sungai Mapam yang diduga tercemar.

'Sebagian warga yang masih menggunakan air sungai untuk kebutuhan sehari-ha'ri mengeluhkan adanya pen'ce'maran,' kata dia, Selasa (9/2/2016).

Keluhan senada juga disam'pai'kan masyarakat di Desa Pang'kalan Muntai. Mereka me''rasa air Sungai Mapam memang telah tercemar.

'Kami mengharapkan kepa'da dinas terkait untuk menin'dak'lanjuti,' ucap Sukardi.

Ia melanjutkan, dirinya ju'ga telah mem''be''''rikan penje'las'an kepada ma'syarakat bah'wasannya ka'dar air su'ngai ma''sih diambang batas ke'wajaran. Namun dirinya te''tap berharap ada kontrol se'cara terus-menerus atau ber'kesinambungan. Mengi'ngat masih banyak masyarakat yang menggunakan air sungai untuk kebutuhan se'hari-hari.

Sementara itu, Badan Ling'''ku'ngan Hidup (BLH) Su''kama'ra rutin melakukan uji sampel untuk mengetahui kon'disi air Sungai Jelai dan Mapam.

Namun, Kepala BLH Suka'ma'ra Iwan Miraza mengata'kan, hingga kini pihaknya be''lum menerima hasil uji la'boratorium terhadap sam'pel air sungai yang dikirim. Pa'dahal biasanya hasil uji la'bo'ratorium tersebut diterima se'tiap awal tahun.

'Hasil sempel yang sekarang begitu penting. Kenapa Ka'rena sampelnya kita ambil ber'selisih lima hari sebelum ter'jadinya kasus di sungai, se'hingga dapat kita nyatakan se'cara teknis berdasarkan ha'sil laboratorium yang memang tidak jauh dari waktu ke'jadian,' katanya.

Iwan menyebutkan, uji sam'pel bertujuan untuk mengeta'hui status mutu air. (B-3)

Berita Terbaru