Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPS Gumas Bakal Gelar Susesnas

  • 11 Februari 2016 - 19:10 WIB

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) bakal menggelar Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) pada bulan Maret mendatang. Hal itu disampaikan Kepala BPS Gumas Ceptedy saat ditemui <Borneonews> di ruang kerjanya, Kamis (11/2/2016). 

"Sejalan dengan tugas pokok BPS dalam menjalankan kegiatan pemerintah di bidang statistik, maka BPS pada Maret nanti akan melaksanakan Susenas 2016," kata Ceptedy.

Ia melanjutkan terkait dengan pelaksanaan Susenas tersebut, pihaknya mulai menggelar sejumlah pelatikan kepada para petugas yang nantinya akan diterjunkan ke lapangan untuk pendataan. Pelatihan itu digelar agar para petugas mengerti tugas dan tanggung jawab mereka. Sehingga kegiatan Susenas 2016 ini bisa dilaksanakan sesuai harapan.

Menurut Ceptedy, petugas yang dilatih berasal dari 12 kecamatan di Kabupaten Gumas. "Sebanyak 28 petugas terdiri dari 22 mitra BPS dan enam tenaga organik BPS telah mengikuti pelatihan yang dilaksanakan kurang lebih empat hari oleh BPS terhitung sejak tanggal sembilan hingga 12 Februari 2016 di Aula Hotel Gunung Mas, Kuala Kurun," terang dia.

Ia menjelaskan beberapa item yang didata dan dijadikan sampel Susesnas berkaitan dengan kehidupan masyarakat seperti ekonomi, pendidikan, pengangguran, perumahan dan berbagai bidang lainnya. 'Susenas nantinya akan melahirkan angka kemiskinan dan ketenagakerjaan serta berbagai bidang. Sehingga akan menjadi indikator program pemerintah,' ucap dia.

Susesnas ini, kata Ceptedy, dilaksanakan dua kali setahun. Pertama bulan Maret dan kedua bulan September 2016. Susesnas pertama berisi sejumlah sampel besar untuk menghasilkan data yang representatif sampai tingkat kabupaten/kota. 'Sementara pada September mendatang dengan ukuran sampel kecil yang refresentatif hanya untuk estimasi provinsi dan nasional,' pungkas dia. (EP/B-8)

Berita Terbaru