Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kementrian Perhubungan Jamin Pengoperasian Pelabuhan Roro Aman

  • 13 Februari 2016 - 18:01 WIB

Kepala Seksi Pengawasan Pengelolaan Pelabuhan Penyebrangan Direktorat Prasarana Perhubungan Darat, Kementrian Perhubungan RI Nurhadi Unggul Wibowo menjamin pengoperasian Pelabuhan Roll On Roll Off aman. 

"Kita bisa lihat semua, Jumat siang kita lakukan uji coba kapasitas tonase di jembatan pelabuhan dengan angkutan Truk Besar (TB) dengan berat 20 ton, aman saja," ungkap Nurhadi di dalam kapal Kalibodri, di Pelabuhan Roro di Sungai Tempenek, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kobar, Jumat (12/2/2016) malam.

Ia menyatakan itu untuk menjawab pertanyaan Borneo News soal kelayakan pelabuhan yang sudah berdiri sejak 13 tahun lalu itu.

Nurhadi menilai, pelabuhan yang dulu sempat dijadikan kandang ayam oleh masyarakat setempat sudah memenuhi prosedur. Dari fasilitas terminal pelabuhan yang sudah diperbaiki dan dilengkapi itu sudah siap menampung calon penumpang. 

"Semuanya sudah siap. Kami dari Kementerian Perhubungan pusat terus melakukan pengawasan, pengendalian dan evaluasi," katanya.

Nurhadi juga menngatakan, izin operasi penyeberangan dari Pelabuhan Roro ke Kendal sudah keluar dari Kementerian Perhubungan pada Jumat (12/2/2016). "Untuk pengoperasian semuanya tidak ada masalah, izinnya sudah ada," jelasnya.

Spesifikasi kapal untuk bersandar juga aman. Sebab draft kapal saat bersandar maksimal membutuhkan kedalaman air di pelabuhan sedalam 2,8 meter. Sementara, pelabuhan itu memiliki kedalaman air ketika surut sedalam lima meter. 

 "Kedalaman pelabuhannya pun sudah cukup memenuhi persyaratan. Paling ke depan yang harus ditingkatkan itu dari sarana penunjang seperti jalan akses dan beberapa penerangan jalan umum menuju pelabuhan yang masih kurang," katanya. (CP/m)

Berita Terbaru