Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wacana Kalsel Membangun Pabrik Ban Dinilai Berdampak Positif Terhadap Harga Karet

  • Oleh Donny Damara
  • 16 Desember 2022 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Achmad Rasyid mengatakan, wacana Provinsi Kalsel membangun pabrik ban pada tahun 2023 mendatang akan memberikan dampak positif terhadap harga karet di pulau Kalimantan khususnya di Kalteng.

Wacana itu tentunya menjadi kabar baik terutama bagi para petani karet, karena selama ini harga komoditi karet yang murah banyak dikeluhkan, sehingga dengan adanya industri atau pabrik ban di Kalsel itu nantinya diharapkan dapat membuat harga karet stabil.

"Dari hasil kunjungan kerja kita ke Kalsel belum lama ini kami mendapat informasi bahwa pada tahun 2023 mendatang Kalsel berencana membangun pabrik ban, tentu ini menjadi kabar gembira khususnya bagi para petani karet," ucapnya, Jumat, 16 Desember 2022.

Dirinya berharap rencana itu bisa benar-benar terealisasi, sebab akan banyak dampak positif yang akan didapatkan oleh masyarakat terutama petani karet tidak hanya di Kalsel namun juga di Kalteng pada umumnya dari segi harga yang akan stabil atau naik.

"Kalau hanya mengandalkan produksi Karet di Kalsel kan tentu tidak mampu memenuhi kebutuhan industri tersebut. Maka dari itu pastinya mereka juga pasti akan membeli karet dari Kalteng. Artinya harga Karet akan bisa lebih baik lagi kedepan," tuturnya.

Dia juga berharap, adanya pabrik ban di Kalsel nantinya, petani Karet di Kalteng bisa semakin bersemangat untuk berkebun karet karena ada jaminan harga karet untuk lebih baik dibandingkan dengan tidak adanya industri pengolah.

"Selama ini kan pembuatan ban di luar pulau Kalimantan dan bahan baku juga kebanyakan dari Kalsel dan Kalteng. Ketika industrinya di Kalsel tentu akan bisa menghemat biaya angkutan dan operasional, sehingga harga Karet mentah di tingkat petani bisa baik," jelasnya.

Ia menyebut dengan adanya keberadaan pabrik Karet di Kalsel, juga diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kalteng karena harga karet akan lebih baik lagi, kareba industri hilir atau pabrik ban di Kalsel tersebut menggunakan bahan baku getah atau industri setengah jadi.

"Dengan tersedianya pabrik ban itu maka setidaknya untuk penyediaan bahan baku akan menyerap karet hasil produksi petani di Kalsel dan Kalteng. Harapan kita ini bisa memberi dampak positif bagi masyarakat khususnya petani karet kedepan," tandasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru