Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Kalteng Minta Peningkatan Sarana Kesehatan Dijadikan Program Prioritas

  • Oleh Donny Damara
  • 13 Januari 2023 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua III DPRD Kalteng, Faridawaty Darland Atjeh meminta agar peningkatan sarana dan prasaranan serta fasilitas pendukung kesehatan dijadikan program prioritas oleh pemerintah baik pusat maupun daerah di tahun 2023 ini.

Dia mengatakan, sektor kesehatan merupakan layanan yang menjadi hak setiap warga negara, di mana hal itu sudah tertuang dalam peraturan perundang-undangan. Sehingga, usulan masyarakat terkait pembangunan maupun peningkatan sarana atau fasilitas kesehatan harus masuk dalam program prioritas.

"Sektor kesehatan jangan sampai tidak dijadikan program prioritas, karena ini merupakan kebutuhan penting bagi masyarakat terlebih lagi bagi yang berada di wilayah pelosok. Di Kalteng sendiri sektor kesehatan masih banyak yang perlu di perhatikan," ujarnya, Jumat, 13 Januari 2023.

Selain itu, dirinya juga mendorong masyarakat, khususnya yang berada di wilayah pinggiran atau pelosok agar juga bisa tertib dalam administrasi kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP), sebab hal itu bisa untuk memenuhi keperluan data saat berobat di Puskesmas ataupun Rumah Sakit.

Dijelaskannya, dengan tertib administrasi itu dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap program - program yang diluncurkan pemerintah, khususnya yang bersentuhan langsung dengan pendidikan dan kesehatan masyarakat.

"Jangan sampai ada warga yang tidak taat administrasi kependudukan. Karena tidak bisa dipungkiri hal tersebut sangat membantu dalam hal apapun. Salah satunya yaitu mendukung program pemerintah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, salah satunya pendidikan dan kesehatan," tuturnya.

Di sisi lain, agar masyarakat di wilayah pinggiran bisa mendapatkan kewajibannya memenuhi KK ataupun KTP, program jemput bola perlu terus digencarkan, sebab ada banyak masyarakat yang belum memiliki kedua data administrasi itu karena alasan tempat tinggal yang jauh serta sulit menjangkau pusat pelayanan.

"Kami menyarankan jika ada program jemlut bola dari pemerintah untuk melakukan perekaman KTP, masyarakat juga harus dapat mendukung itu dengan ikut serta memenuhi kewajibannya untuk memiliki data. Karena memang manfaatnya sangat banyak," tukasnya. (DONNY D/J)

Berita Terbaru