Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pasah Patahu Tempat Tinggal Roh Halus

  • 21 Februari 2016 - 21:33 WIB

BILA Anda berkunjung ke tem''pat-tempat wisata buda'ya Suku Dayak di Provinsi Ka'limantan Tengah, biasanya akan menemukan bangunan berbentuk menyerupai ru'mah mini dengan cat dominan berwarna kuning.

Di da'lam bangunan itu tidak jarang terdapat se'sajen.

Lalu, di sekelilingnya terda'pat sejumlah bendera atau kain yang mayoritas juga ber'war''na kuning.

Seperti yang terlihat di Ta'man Wisata Bukit Batu di Ka'bupaten Katingan atau di Ta'man Wisata Bukit Tangki'ling di Kota Palangka Raya, dan ma'sih banyak lagi.

Penasaran dengan bangunan kecil itu, Borneonews kemudian menggali informasi kesejumlah to'koh masyarakat. Dari ke'terangan yang diperoleh, ba'ngunan menyerupai rumah tra'disional mini itu bernama Pa'sah Patahu.

Bangunan itu sengaja dibuat un'tuk menjadi tempat tinggal pa''ra roh halus. Karenanya ti'dak mengherankan bila di da'lamnya terdapat sesajen. Se'sajen sendiri dimaksudkan un'tuk memberi makan para roh halus tersebut.

Roh-roh halus itu sengaja di'buatkan tempat khusus agar tu'rut menjaga kampung atau wi'layah sekitarnya dari segala ba'haya yang mengancam, baik bahaya dari luar maupun dari dalam.

Tidak jarang Pasah Patahu ju'ga dimanfaatkan masyarakat Su'ku Dayak untuk memanjatkan doa atau berhajat. Karena'nya, masyarakat Suku Dayak akan menjaga dengan baik ke'be'radaan Pasah Patahu. (B-3)

Berita Terbaru