Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Damang Batu Usulkan Infrastruktur Jalan Penghubung

  • 23 Februari 2016 - 20:33 WIB

Peningkatan kualitas jalan penghubung menjadi usulan prioritas warga Kecamatan Damang Batu dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan yang digelar di Kantor Camat Damang Batu, Senin (22/2/2016). Usulan itu disampaikan mengingat cukup banyak titik yang mengalami kerusakan di jalan penghubung tersebut.

Demikian disampaikan Camat Damang Batu main Jantan saat ditemui <Borneonews> di Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas (Gumas), Selasa (23/2/2016).

Infrastruktur jalan yang menjadi prioritas pada 2017 adalah ruas jalan dari Tumbang Marikoi, ibu kota Kecamatan Damang Batu sampai ke Desa Tumbang Mahuroi,' kata Main.

Ia melanjutkan perhatian terhadap ruas jalan ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, jalan penghubung dengan panjang kurang lebih 37,3 kilometer itu masih didominasi hamparan tanah.

Kemudian, ruas jalan itu merupakan satu-satunya jalan darat yang menghubungkan kecamatan di bagian hulu Sungai Kahayan itu dengan daerah sekitarnya.

'Dengan usul dari tiap'tiap desa, unsur pemerintah dan dinas terkait, mereka sangat setuju dengan kondisi kita di Kecamatan Damang Batu yang jalan masih belum mamadai dan belum seratus persen sampai ke desa,' ungkap dia.

Di samping infrastruktur, lanjut dia, usulan prioritas masyarakat juga ada di bidang pendidikan dan kesehatan. Pasalnya, hingga saat ini masih banyak hal yang perlu menjadi perhatian serius Pemkab Gumas untuk bidang pendidikan dan kesehatan masyarakat Kecamatan Damang Batu.

'Untuk bidang pendidikan saya anggap sudah maksimal, di tiap-tiap desa, pendidikan mulai dari tingkat SD (sekolah dasar) sudah ada, untuk tingkat SMP ada empat, satu di ibu kota kecamatan dan ada tiga SMP satu atap di Desa Tumbang Mahuroi, Tumbang Anoi dan Lawang Kanji dan ada satu SMA di Tumbang Marikoi,' terang dia.

Kemudian, kata Main, untuk bidang kesehatan, saat ini di Kecamatan Damang Batu sudah mempunyai dua puskesmas di Desa Tumbang Marikoi dan Tumbang Mahuroi.

Selain itu, ada puskesmas pembantu (pustu) di tiga desa yakni, Desa Karetau Sarian, Tumbang Anoi dan Tumbang Maraya. 'Untuk bidang kesehatan masih kurang tenaga yang kurang, baik dokter, perawat dan bidan,' pungkas dia.

(EP/B-8)

Berita Terbaru