Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mengenal Lebih Dekat Durian Gelapir dalam Gerakan 1000 Pohon Kalteng

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 01 Februari 2023 - 21:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Durian Gelapir dipilih sebagai tanaman pokok dalam gerakan menanam 1000 pohon Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng di UPT Balai Pengujian Mutu Pakan, Pembibitan dan Hijauan Makanan Ternak (BPMPPHMT), Rabu, 1 Februari 2023.

Kepala Dinas TPHP Provinsi Kalteng Hj. Sunarti menyampaikan durian Gelapir merupakan durian lokal Kalteng yang sudah terdaftar di Kementerian Pertanian.

“Durian ini sudah terbukti dari cita rasanya bagus, jadi kita memunculkan produk asli genetik Kalteng,” jelas Sunarti, Rabu, 1 Februari 2023.

Sunarti berharap ketika durian tersebut panen nantinya, masyarakat bisa mencontoh dan menghasilkan durian di Kota Palangka Raya.

“Selama ini yang kita kenal hanya durian Kasongan, durian Puruk Cahu, dengan ditanam durian ini maka Palangka Raya bisa punya durian sendiri,” pungkasnya.

Adapun durian varietas gelapir sangat populer karena memiliki beberapa keunggulan, diantaranya isi buah tebal berwarna kuning keemasan, rasa enak serta empuk dengan aroma khas sangat harum.

Durian varietas gelapir sudah dipatenkan Pemerintah Kabupaten Katingan sebagai tanaman durian khas Katingan dari Kementan. Durian varietas ini berada di Kelurahan Pendahara, Kecamatan Tewang Sangalang Garing.

Perbanyakan varietas durian gelapir dilakukan dengan sistem sambung pucuk, agar buah yang dihasilkan memiliki sifat sama dengan tanaman induknya dan masa berbuah tanaman lebih cepat dibandingkan perbanyakan dengan cara generatif atau biji. (HERMAWAN DP/Y)


TAGS:

Berita Terbaru