Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Lamandau Belajar Kepariwisataan pada Festival Cap Go Meh di Singkawang

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 06 Februari 2023 - 10:11 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) untuk melakukan pengayaan dan belajar kepariwisataan, ekonomi kreatif dan kebudayaan. Senin, 6 Februari 2023.
 

Bupati Lamandau, Hendra Lesmana yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, Muhamad Irwansyah bersama 9 Kepala OPD, dalam kunjungannya berkesempatan menghadiri Festival Cap Go Meh tahun 2023 di Kota Singkawang.
 

Diketahui, acara puncak kegiatan perayaan Festival Cap Go Meh 2023 di Kota Singkawang yakni pawai Tatung yang diselenggarakan di sepanjang jalan Diponegoro. Perayaan ini dilaksanakan di hari ke 15 setelah hari raya imlek dihitung sesuai penanggalan kalender Tionghoa. ‘Cap Go’ dalam diaelek hokkian artinya lima belas, sedangkan ‘meh’ artinya malam.

Festival Cap Go meh tahun ini juga dihadiri oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko serta masyarakat baik dalam daerah maupun luar daerah.

Acara seremoni Cap Go Meh diawali dengan penampilan tarian persembahan. Menggambarkan kebersamaan dari Sabang sampai Merauke, kemudian juga dilakukan pemukulan gendang.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat menyampaikan sambutan mengatakan bahwa Festival Cap Go Meh harus menjadi pusat perhatian dunia internasional.

“Festival Cap Go Meh juga bisa menjadi momentum untuk memperkuat solidaritas nasional demi mewujudkan Indonesia Emas pada 2045,” kata Moeldoko.

Sementara Sekda Kabupaten Lamandau, Muhamad Irwansyah mengaku kehadirannya ke acara festival tersebut bersama sejumlah pimpinan OPD bertujuan untuk belajar dan pengayaan kepariwisataan, ekonomi kreatif dan kebudayaan.

“Pengelolaan pariwisata serta pengembangan ekonomi kretaif dan kebudayaan di Kota Singkawang cukup mengesankan, kita ingin belajar dengan mereka,” ungkap Sekda.

Diketahui, Kabupaten Lamandau juga memiliki festival yang kini masuk kalender Kharisma Event Nusantara (KEN) yang diinisiasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

“Kita juga punya Festival Babukung, harapannya nanti bisa menggarapnya lebih baik dan menarik lagi, sehingga ke depannya dapat berdampak positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat,” tandasnya. (HENDI NURFALAH/R)

Berita Terbaru