Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kejaksaan Negeri Gunung Mas Lakukan Pencegahan Tindak Pidana dengan Cara Ini

  • Oleh Riska Yulyana
  • 17 Februari 2023 - 22:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Kejaksaan Negeri Gunung Mas melakukan pencegahan tindak pidana di kalangan generasi muda setempat melalui kegiatan jaksa masuk sekolah. Seperti yang telah digelar pada Selasa, 14 Februari 2023.

"Baru pertama kali kegiatan jaksa masuk sekolah pada Selasa, 14 Februari 2023, dilaksanakan di aula Kejaksaan Negeri Gunung Mas," ujar Kepala Kejaksaan Negeri Gunung Mas Sahroni melalui Kepala Seksi Intelijen Teguh Iskandar, Jumat, 17 Februari 2023.

Dia menuturkan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh pihak Kejaksaan Negeri Gunung Mas. Ini sebagai langkah pencegahan tindak pidana dengan memberikan pengetahuan kepada generasi muda di wilayah setempat terkait hukum.

"Kegiatan jaksa masuk sekolah ini tujuannya untuk memberikan edukasi kepada pelajar khususnya di Kabupaten Gunung Mas terkait beberapa hal, seperti bullying, menggunakan media sosial dengan bijak dan juga terkait penyalahgunaan narkotika," jelas Teguh.

Dia menambahkan, peserta diberikan materi terkait beberapa hal yang bisa melanggar UU ITE saat bermain media sosial, seperti terkait ujaran kebencian, memberikan kesan yang negatif kelompok atau perorangan dan materi melek hukum lainnya.

Dia mengatakan bahwa kegiatan tersebut sekaligus mengajak peserta untuk berkeliling kantor Kejaksaan Negeri Gunung Mas, melihat ruangan-ruangan yang ada dan mengenal tugas dan fungsi di setiap ruangannya.

Rencananya, kata Teguh, kegiatan jaksa masuk sekolah ini akan dijalankan di sekolah lain di Kabupaten Gunung Mas.

"Harapannya, dengan adanya kegiatan jaksa masuk sekolah ini bisa mencegah tindak pidana sejak remaja khususnya di Kabupaten Gunung Mas. Dengan masyarakat melek hukum, mereka bisa terhindar dari hukuman," tukasnya. 

Untuk diketahui, peserta kegiatan jaksa masuk sekolah kemarin yakni 20 siswa dari SMAN 2 Kurun dan 20 siswa dari SMAN 1 Tewah. (RISKA YULYANA/Y)

Berita Terbaru