Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Festival Habaring Hurung Ajang Lestarikan Kearifan Lokal

  • Oleh Noor Annisa
  • 11 Maret 2023 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) sedang menggelar agenda tahunan Festival Habaring Hurung yang menampilkan kesenian dan budaya daerah, kegiatan ini dianggap sebagai ajang melestarikan kearifan lokal.

Hal itu disampaikan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kotim Alang Arianto, menurutnya agenda tahunan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten Kotawaringin Timur adalah wadah yang disediakan oleh pemerintah daerah dalam rangka melestarikan budaya yang berasal dari kearifan lokal.

"Agar budaya daerah kita di bumi habaring hurung yang beragam tetap lestari, karena pemerintah daerah menyadari bahwa warisan budaya yang memiliki nilai adiluhur harus dijaga, dilestarikan keberadaannya untuk generasi mendatang," kata Alang, 11 Maret 2023.

Ia juga menyebutkan Kotim yang bermoto habaring hurung saat ini sedang menata kembali pembangunan di berbagai sektor unggulan termasuk diantaranya sektor Kebudayaan dan Pariwisata.

Di samping pemeritah daerah berkomitmen untuk terus membangun daerah, memajukan perekonomian memperbaiki infrastruktur, yang menjadi fokus juga yakni mengembangkan pariwisata.

Ia melanjutkan, dalam hal ini pihak yang terus melestarikan keberadaan budaya daerah juga harus mendapat ruang yang seluas-luasnya untuk tampil dan berkembang dan tentunya menjadi tuan rumah di tanah sendiri.

"Festival Habaring Hurung dijadikan sebagai sarana promosi potensi seni dan budaya pariwisata selain itu juga perlu peningkatan kerjasama dengan semua pihak sehingga akan terciptanya keharmonisan para pelaku budaya, masyarakat dan pemerintah daerah sehingga memiliki sinergitas dalam meningkatkan dan mengembangkan budaya daerah di kabupaten Kotawaringin Timur," pungkasnya. (NISA/H)

Berita Terbaru