Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala BPJS Kesehatan Palangka Raya Sebut Peserta JKN Luar Daerah Tetap Bisa Akses Layanan Kesehatan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 07 April 2023 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya K Hindro Kusumo mengatakan bahwa meskipun Peserta JKN berada di luar daerah terdaftar, mereka tetap bisa mengakses layanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama atau FKTP.

Jika terdapat kendala dalam pelayanan kesehatan, ia menyarankan agar peserta JKN segera menghubungi petugas informasi BPJS Kesehatan untuk mendapatkan penjelasan.

"Paling utama adalah peserta tetap bisa berobat walaupun berada di luar daerah dimana fasilitas kesehatan peserta itu terdaftar. Kemudian apabila peserta mengalami kendala saat mengakses layanan kesehatan, segera hubungi Petugas Pemberi Informasi dan Penganan Pengaduan atau PIPP, bisa juga atau Petugas BPJS SATU! atau Siap Membantu yang ada di rumah sakit untuk mempermudah dalam mengakses informasi pelayanan," tegas Hindro dalam rilisnya pada Jumat, 7 April 2023.

Hal serupa disampaikan Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti dalam konferensi pers via zoom tadi siang. Menurut Ghufron selama libur lebaran untuk pelayanan obat Program Rujuk Balik atau PRB ketentuan tetap mengacu pada kebijakan pelayanan kesehatan di FKTP. Apabila jadwal pengambilan obat PRB jatuh pada masa libur lebaran, maka jadwal dapat disesuaikan menjadi lebih awal maksimal 7 hari sebelum persediaan obatnya habis.

"Kini, peserta juga dapat dengan mudah mengakses layanan kesehatan. Cukup dengan menunjukkan Nomor Induk Kependudukan atau NIK, peserta bisa mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan. Sudah tidak perlu lagi membawa fotokopi kartu JKN saat berobat dan ini berlaku di seluruh wilayah Indonesia," tambah Ghufron.

Begitu juga untuk mengoptimalkan sistem teknologi dan Informasi selama masa libu lebaran, BPJS Kesehatan juga telah menyiapkan tim Posko Terpadu Siaga Ramadhan dan Idul Fitri atau POSKO RAFI.

Nantinya menurut Ghufron tim tersebut akan melakukan pemantauan terhadap sistem teknologi informasi dalam pelayanan, penaganan kendala sistem, menjaga perlindungan data pribadi hingga keamanan siber dari upaya akses ilegal.

Ghufron menambahkan, guna memastikan peserta JKN maupun masyarakat luas dapat menjalani mudik lebaran dengan nyaman, BPJS Kesehatan juga akan menghadirkan Posko Mudik di lima titik dan satu titik Posko Arus Balik padat pemudik. Lima Posko Mudik tersebut yaitu Terminal Pulo Gebang Jakarta, rest area tol Cikampek Km 57, rest area tol Ungaran Km 429, Terminal Purabaya Sidoarjo, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar dan Posko Arus Balik terdapat di rest area Banjaratma Km 260B Brebes.

"Di posko mudik tersebut, pemudik bisa mendapatkan layanan yang disiapkan oleh BPJS Kesehatan seperti konsultasi kesehatan, pijat relaksasi, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, pemberian tindakan sederhana yang bersifat emergency dan pemberian rujukan bila diperlukan. Selain itu, terdapat ambulans yang bisa digunakan untuk mengantar pemudik ke rumah sakit apabila harus segera mendapatkan pelayanan lebih lanjut," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru