Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anak 10 Tahun Tewas Tertimbun Longsor Tambang Galian C Ilegal di Desa Dorong

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 28 April 2023 - 16:23 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Seorang anak usia 10 tahun tewas tertimpa longsor tambang galian C yang diduga tak berizin di RT 03 Desa Dorong Kabupaten Barito Timur. Musibah tersebut terjadi pada Kamis, 27 April 2023. Saat itu korban diduga sedang bermain bersama dua rekannya di lokasi tambang.

Sumber Borneonews mengaku mengetahui peristiwa itu setelah mendengar teriakan minta tolong dari dua rekan korban setelah korban tertimbun longsoran.

"Korban anak kecil kemarin sore dan saya belum tahu nama anak itu karena saya datang setelah ada kejadian," ungkap sumber itu, Jumat, 28 April 2023.

Kepala Desa Dorong Superson yang dikonfirmasi lewat sambungan telepon membenarkan adanya anak yang tewas tertimbun tanah longsor di lokasi tambang galian C, namun dia tidak dapat menjelaskan kronologisnya lebih lanjut.

Beberapa awak media kemudian mencoba mengkonfirmasi seorang pengusaha bernama Haji Indi yang diduga sebagai penambang galian C di lokasi itu. Indi yang ditemui di tokonya membenarkan bahwa ada insiden yang menelan korban jiwa di lokasi dia menambang.

Yang bersangkutan juga mengakui bahwa tambang galian C itu tidak memiliki izin, tetapi lahan tambang itu bukan miliknya.

"Ya, kita dapat kabar bahwa ada kejadian dan saya hari ini mau datang kesana untuk melayat dan memberikan santunan," ucap Indi.

Pengusaha bahan material bangunan itu menjelaskan, tambang galian C yang sudah kurang lebih 10 tahun beraktivitas tersebut belum mengantongi izin walaupun pihaknya telah berupaya mengurus izin melalui Perijinan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

"Karena masyarakat banyak meminta maka kita tetap menambang, tapi kita tetap berkoordinasi dengan polres," ungkapnya.

Aktivitas tambang galian C itu sempat dihentikan namun dibuka lagi karena permintaan permintaan masyarakat yang membutuhkan bahan timbunan galian C.

Berita Terbaru