Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dorong Pelaku UMKM di Kabupaten Lamandau Naik Kelas

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 06 Juni 2023 - 00:40 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau terus mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerah setempat untuk naik kelas dengan mempermudah dalam pengurusan perizinan usaha.

“Kami (Pemkab Lamandau) terus memberikan kemudahan dalam melakukan pengurusan perizinan usaha,” kata Bupati Hendra Lesmana di Nanga Bulik, Senin, 5 Juni 2023.

Pihaknya, lanjut dia, juga terus mendorong para pelaku UMKM yang baru tumbuh atau pelaku usaha lain yang belum memiliki sertifikasi halal, NIB (Nomor Induk Berusaha) atau perizinan lain untuk segera mendaftarkan usahanya.

“Perizinan ini merupakan bentuk legalitas dan pengakuan serta jaminan baik dari segi kehalalan, keamanan dan kesehatan terhadap usaha seseorang,” katanya.

Dengan dimilikinya berbagai jenis perizinan yang ada, terang Hendra, maka jangkauan pemasaran produk pelaku UMKM akan semakin luas. Selain itu juga semakin mampu bersaing dengan produk UMKM lain yang sejenis.

Kemudian, dengan dimilikinya perizinan yang ada, maka pelaku UMKM juga bisa mendapatkan bantuan modal dan pengembangan usaha dari pemerintah. Apalagi, legalitas usaha UMKM ini menjadi salah satu syarat bantuan.

Pemenuhan perizinan dalam berusaha ini juga akan mempermudah pemerintah memasukkan produk UMKM ke toko-toko ritel modern atau usaha kepariwisataan seperti hotel dan objek wisata yang ada di Kabupaten Lamandau.

“Kita ingin agar para pelaku UMKM memiliki legalitas hukum yang jelas dalam menjual produknya. Keinginan kami di 2024 nantinya semua pelaku usaha mengantongi sertifikasi halal, NIB dan lainnya, maka dari itu kami gencar melakukan sosialisasinya ke mereka,” tandasnya.

 

(HENDI NURFALAH/Y)

Berita Terbaru