Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sempat Terhenti Akibat Ada Cemaran di Air Baku PDAM, Kini Layanan Air Bersih Kembali Operasional

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 06 Juni 2023 - 07:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sempat terhenti karena adanya dugaan cemaran limbah perusahaan sawit, kini pelayanan air bersih dari Perumdam Tirta Arut Pangkalan Bun, kembali operasional melayanai pelanggan yang ada di wilayah Kecamatan Pangkalan Banteng dan Pangkalan Lada.

Disampaikan oleh Direktur Perumdam Tirta Arut Pangkalan Bun, Sapriansyah melalui Kabag Tehnik Budi Utomo, bahwa memang dampak adanya dugaan cemaran, pelayanan air bersih sempat terhenti sekitar tiga hari. saat ini sudah mulai operasional dan sudah bisa dinikmati pelanggan.

"Mulai kemarin sudah operasional dan layanan air bersih sudah normal untuk di dua Kecamatan Pangkalan Banteng dan Kecamatan Pangkalan Lada, dengan jumlah pelanggan 6 ribu lebih," ujarnya saat dikonfirmasi pada Senin, 6 Juni 2023.

Dioperasionalkannya kembali, karena memang air baku saat ini sudah layak untuk digunakan. Hal itu, berdasarkan pengecekan yang dilakukan oleh tim pada Minggu (4/6/2023).

"Kemarin kita turun dan menguji sampel. Hasilnya secara fisik bau di air baku sudah berkurang, kemudian kita operasikan dengan tingkat Ph nya 7,6 dan kekeruhan hasil produksi sudah standar air bersih. Kemudian dari perwakilan Lab Mutu Agung, air kembali normal sehingga kita berani mengoperasionalkan," jelasnya.


Di samping itu, untuk membuktikan bahwa air sudah aman, saat tim terjun ke lokasi, meminum secara langsung air yang sudah diproses.
"Jadi tim yang meninjau kemarin meminum air hasil produksi, termasuk saya ikut minum airnya. Membuktikan bahwa ini air layak dioperasikan, atau dimanfaatkan oleh pelanggan," tuturnya. (DANANG/Y)

Berita Terbaru