Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penguatan Pelayanan Informasi Publik di Tiga Kecamatan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 15 Juni 2023 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Penguatan pelayanan informasi publik di tiga kecamatan dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kapuas.

Sebagai wujud penguatan pelayanan informasi publik di Kabupaten Kapuas, Diskominfo selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama berupa sosialisasi terkait tata cara permintaan informasi yang dilakukan oleh masyarakat melalui PPID pelaksana yaitu di tingkat kecamatan.

Tiga kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Kapuas Hilir, Kecamatan Kapuas Timur dan Kecamatan Bataguh untuk menjalankan sosialisasi yang dimaksud bersama dengan tata cara pengelolaan aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online (LAPOR) kepada operator serta aplikasi Kapuas Informasi Publik (KIP) www.kip.kapuaskab.go.id sebagai sarana penyampaian kegiatan-kegiatan yang ada di Kecamatan.

Kepala Diskominfo Kapuas, Hartoni U. Sawang melalui Sekretarisnya Ansyari didampingi oleh Kabid IKP, Huldi dan sejumlah pejabat fungsional dan tekon itu mengatakan bahwa timnya melakukan sosialisasi di tiga kantor kecamatan.

"Dengan tujuan agar operator-operator yang ada di kecamatan lebih memahami tentang pentingnya PPID untuk masyarakat agar bisa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan ini lebih mudah didapat dan tidak berbelit-belit karena dilayani lewat satu pintu," katanya, Kamis, 15 Juni 2023.

Dengan demikian, masyarakat tentunya bisa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dengan cara mengikuti prosedur atau alur permohonan informasi yang telah disediakan.

Tidak hanya itu saja, sosialisasi yang dilakukan juga mencakup operator aplikasi lapor.go.id dari kecamatan yang mana berguna sebagai penerima isi aduan untuk ditindaklanjuti, apabila terdapat aduan ataupun aspirasi masyarakat yang ditujukan kepada kecamatan tersebut.

"Aplikasi lapor merupakan aplikasi yan dapat dipergunakan oleh masyarakat untuk menyampaikan pengaduan atau keluhan mengenai pelayanan publik tertentu," ucapnya.

Dirinya bersama sejumlah pejabat fungsional dan tenaga kontrak itupun juga memberikan sosialisasi terkait dengan aplikasi KIP yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Kapuas sebagai sarana untuk memberikan informasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh kecamatan. 

"Dengan harapan, masyarakat dapat mengetahui tentang pembangunan-pembangunan maupun informasi lainnya yang dilakukan oleh daerah tersebut," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/H)

Berita Terbaru