Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satpol PP Lamandau Kekurangan Personel

  • 29 Maret 2016 - 20:22 WIB

JUMLAH personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Lamandau ternyata jauh dari kata ideal. Bahkan kebutuhan pasukan yang diperlukan, lebih dari total anggota yang ada saat ini.

'Kebutuhan anggota kita (Satpol PP) saat ini memang belum ideal. Dari angka ideal 251 orang pegawai yang berstatus PNS (ASN), saat ini kita hanya memiliki total anggota keseluruhan sebanyak 101 orang. Itupun merupakan gabungan dari pegawai yang sudah PNS maupun yang honorer atau Banpol (Bantuan Polisi Pamong Praja),' kata Plt Kepala Satpol PP Lamandau, Sukarelawan Abadi, Selasa (29/3/2016).

Pria yang akrab disapa Ila itu membeberkan, dari total 101 personel, saat ini baru 41 orang yang sudah berstatus PNS dan 60 orang lainnya masih honorer.

'Dengan jumlah SDM yang ada saat ini, kalau bicara kebutuhan tambahan pasukan tentu jelas sangat membutuhkan. Tapi kita harus mampu menyiasatinya agar segala tupoksi Satpol PP dapat tercover dengan baik,' cetusnya.

Karenanya, sambung Ila, dalam menjalankan tugas sehari-hari tak jarang jika beberapa anggota Satpol PP seringkali melaksanakan tugasnya dua kali lipat.

Ia juga memastikan, Satpol PP selaku penegak Perda dengan jumlah anggota yang ada, tetap terus berupaya sekuat tenaga untuk menjalankan tugasnya dengan baik. Meskipun dirasa masih banyak kekurangan-kekurangan yang harus terus dibenahi.

'Selain masih kurangnya personel, kita juga masih banyak kekurangan dalam berbagai hal untuk penunjang pelaksanaan tugas.

Karenanya dalam berbagai pelatihan dan pembinaan berbagai bentu, kami berusaha mengikutsertakan anggota. Misalnya saat ini, mendelegasikan pasukan untuk ikut lomba PBB di Palangka Raya,' jelasnya.

Sementara, untuk pelatihan dasar atau kesamaptaan anggota, Satpol PP bekerjasama dengan berbagai pihak seperti TNI maupun kepolisian.

(B-11)

Berita Terbaru