Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ratusan Pasukan TBBR di Barito Utara Lakukan Aksi Damai

  • Oleh Ramadani
  • 06 Juli 2023 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Tariu Borneo Bangkule Rajakng atau dikenal dengan sebutan Pasukan Merah TBBR yang ada di Kabupaten Barito Utara bersama ratusan pasukannya menggelar aksi damai di kantor Bupati Barito Utara, Kamis, 6 Juli 2023.

Pasukan merah tersebut kemudian melakukan orasi, menuntut dua perusahaan. Sebelum menyampaikan orasi tuntutan kepada pemerintah kabupaten, terlebih dahulu pasukan merah TBBR melaksanakan ritual adat.

Ratusan pasukan TBBR berbaris rapi dipimpin koordinator aksi untuk menyampaikan tuntutan terhadap dua perusahaan yaitu PT MPG dan PT Indexim.

Dalam orasinya, koordinator demo TBBR, Mamanto menyampaikan, aksi ini adalah untuk menyuarakan hak masyarakat dalam penyelesaian masalah plasma 20 persen atau limbah pabrik kelapa sawit yang diduga dibuang ke dalam air Sungai Karamuan yang merambah kayu hutan di areal Gunung Sakral Peyuyan.

Usai menyampaikan orasi, beberapa perwakilan dari pasukan TBBR langsung diterima oleh Wakil Bupati Barito Utara dan FKPD bersama stakeholder terkait. Selanjutnya, difasilitasi mencari solusi jalan keluar terkait tuntutan yang disampaikan.

Dalam aksi damai pasukan TBBR ini, dikawal oleh personel Polres Barito Utara yang langsung di BKO oleh Brimob Polda Kalteng, Kodim 1013/Muara Teweh dan Satpol PP Kabupaten Barito Utara. (RAMADHANI/Y) 

Berita Terbaru