Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Kalteng: Pengelolaan BUMD Perlu Dioptimalkan

  • Oleh Donny Damara
  • 07 Juli 2023 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) memiliki peranan penting, terutama dalam membantu meningkatan pendapatan asli daerah (PAD), sehingga dapat berimplikasi pada kesejahteraan ekonomi masyarakat dan meningkatkan pembangunan.

Anggota DPRD Kalteng, Sudarsono mengatakan, BUMD perlu dioptimalkan pengelolaannya supaya benar-benar menjadi kekuatan ekonomi yang handal dan dapat berperan aktif baik dalam menjalankan fungsi dan tugasnya maupun sebagai kekuatan perekonomian daerah.

"Tentu kita menaruh harapan besar melalui langkah penyesuaian pengaturan terhadap bentuk hukum BUMD. Kami harap hal itu bisa menjadi formulasi yang tepat bagi perwujudan dan penyelenggaraan pemerintahan daerah dalam hal pengelolaan BUMD yang baik, sehat, mandiri, dan tentunya menguntungkan bagi daerah," ujarnya, Jumat, 7 Juli 2023.

Sementara itu, dalam rapat Paripurna ke-6 masa persidangan II tahun sidang 2023 sebelumnya. Disampaikan tentang adanya perubahan bentuk badan hukum tiga perusahaan daerah (perusda) yang diharapkan menjadi perusahaan profesional dan terus mendatangkan keuntungan kedepannya.

Tekait hal itu Anggota DPRD Kalteng, Tomy Irawan meminta agar pemda terutama Pemprov Kalteng bisa memperjelas kondisi dari tiga perusda tersebut. Sehingga, adanya perubahan BUMD ini bisa benar-benar membawa dampak positif bagi daerah.

"Pastikan BUMD itu sudah diaudit terlebih dahulu sebelum dilakukan perubahan agar kita bisa mengetahui kondisi keuangan dan asetnya. Selanjutnya, juga harus dibuat rencana strategis perusahaan baik jangka pendek atau jangka panjang. Sehingga, perubahan ini bisa mengoptimalkan pemasukan PAD Kalteng," tandasnya. (DONNY D/J)

Berita Terbaru