Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim Impikan Miliki Merek Beras Lokal yang Terkenal

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 10 Juli 2023 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor menginginkan daerah ini miliki merek beras terkenal berasal dari Sampit. 

"Saya ingin ada beras Sampit yang terkenal karena kita punya unggulan Siam Empang. Siam epang ini ini dibeli oleh daerah lain lalu dijual kembali ke daerah kita dengan merek lain," kata Halikin, Senin, 10 Juli 2023.

Dia mengatakan, harus memiliki pemikiran lebih maju untuk meningkatkan kesejahteraan petani di daerah ini. Tidak hanya memproduksi bahan mentah namun juga bagaimana menjual beras dengan brand lokal Sampit. 

Kabupaten Kotawaringin Timur merupakan salah satu kabupaten penghasil beras di Kalimantan Tengah. Gubernur telah menunjuk Kotim sebagai lokasi pembangunan Rice Milling Unit (RMU) atau penggilingan padi modern. 

Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Tengah telah melakukan peninjauan lokasi. Halikin berharap, pembangunan RMU segera dilaksanakan. 

"Nanti hasil panen dan pasca panennya langsung keluar beras yang dikemas dan diberi merek. Akan disepakati apa nama mereknya," ujarnya.

Kedepan, dirinya minta perusahaan besar swasta perkebunan di daerah ini untuk membeli beras lokal selama persediaan masih ada. Ia juga berharap beras lokal Sampit dijual di mall dan minimarket. 

"Jadi kualitasnya juga harus tetap dijaga," demikian Halikin. (DEWI PATMALASARI/H)

Berita Terbaru