Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Kalteng Ajukan Penangguhan Pelaporan LKPD

  • 02 April 2016 - 13:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah belum menyampaikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2015 ke kantor perwakilan BPK RI setempat. Peraturan menyebutkan penyerahan LKPD paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir, atau tepatnya pada 31 Maret 2016.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng Siun Jarias mengakui ada sedikit masalah dalam penyusunan LKPD Kalteng tahun anggaran 2015. Ada lima Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang belum menyerahkan laporan keuangannya.

"Karena penyusunan LKPD belum selesai, Jumat (1/4/2016) saya mengajukan penangguhan penyampaian LKPD Kalteng selama tujuh hari kepada BPK Kalteng," ungkap Siun Jarias saat dihubungi, Sabtu (2/4/2016).

Sekda Kalteng ini menyatakan, permasalahan utama dalam laporan keuangan di SKPD adalah pencatatan aset. Ini terjadi karena ada pejabat membawa aset dari tempat tugas lama ke tempat tugas baru.

Namun Siun optimistis dapat menyampaikan LKPD Kalteng ini kepada BPK Kalteng pada 8 April 2016. Ia mengaku sudah memberikan teguran dan memaksa SKPD terkait untuk menyerahkan laporan keuangannya ke Biro Keuangan Setda Kalteng paling lambat Senin (4/4/2016).

"Walaupun hari libur, SKPD saya imbau untuk tetap kerja menyelesaikannya. Kalau sampai tanggal yang sudah ditentukan beberapa SKPD itu belum juga menyerahkan laporannya, maka SKPD yang jadi biang kerok tersebut akan kita tegur keras nanti," tegas Siun.

Sementara itu Kabag Akuntansi, Biro Keuangan Setda Kalteng Yuyun Wahyudi menyatakan, apabila seluruh SKPD sudah menyampaikan laporan keuangannya pada 4 April 2016, ia memastikan LKPD Kalteng tahun anggaran 2015 dapat diserahkan ke BPK Kalteng sebelum masa penangguhan berakhir.

"Kalau semua laporan keuangan SKPD sudah terkumpul, proses penyusunan yang kita lakukan tidak akan lama. Paling lama dua hari sudah selesai," terang Yuyun. (TESTI PRISCILLA/m)

Berita Terbaru