Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hak Penyandang Disabilitas Pada Pemilu 2024 Perlu Jadi Perhatian

  • Oleh Donny Damara
  • 18 Juli 2023 - 12:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalteng Kuwu Senilawati mengatakan hak penyandang disabilitas pada pelaksanaan pemilu 2024 mendatang perlu menjadi perhatian oleh penyelenggara pemilu.

Pasalnya, penyandang disabilitas juga memiliki hak yang sama dalam menyalurkan suaranya memilih calon-calon pemimpin baik presiden, kepala daerah maupun anggota legislatif. Sehingga, para penyandang disabilitas harus benar-benar diperhatikan.

"Penyandang disabilitas juga merupakan warga negara yang memiliki hak menyalurkan suaranya di tempat pemungutan suara atau TPS dalam pelaksanaan pemilu. Khususnya di Kalteng sendiri ada banyak penyandang disabilitas itu," ucapnya, Selasa, 18 Juli 2023.

Dirinya menerangkan, perhatian yang dimaksud tersebut yakni terkait fasilitas memadai serta kemudahan yang diberikan untuk penyandang disabilitas di TPS untuk menyalurkan suaranya, selain itu penyandang disabilitas yang mempunyai hak pilih supaya masuk dalam daftar pemilihan tetap (DPT).

"Semua terkait fasilitas di TPS untuk penyandang disabilitas agar menjadi perhatian, semuanya harus disiapkan dengan baik, sehingga nanti mereka bisa dengan mudah menyalurkan hak suaranya. Mereka yang memiliki hak suara juga agar dimasukan dalam DPT," tuturnya.

Ia mengungkapkan, untuk memastikan kesiapan menghadapi pemilu 2024 mendatang pihaknya berencana akan menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan KPUD maupun Bawaslu. Banyak hal yang ingin diketahui mengenai kesiapan itu termasuk mengakomodir penyandang disabilitas dalam menyalurkan hak suara.

"Kita pastinya tidak menginginkan ada isu bahwa suara penyandang disabilitas itu bisa diarahkan, karena ini menjadi salah satu indikator bahwa pemilu memiliki legalitas yang tinggi. Semua aturan harus dijalankan dengan baik dilapangan, pastikan bahwa para penyandang disabilitas memilih sesuai hati nuraninya tanpa adanya tekanan meskipun saat memilih membutuhkan bantuan orang lain," tukasnya. (DONNY D/J)

Berita Terbaru