Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Harap Pemprov Kalteng Gunakan Anggaran DBH-DR Secara Tepat

  • Oleh Donny Damara
  • 25 Juli 2023 - 15:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Kuwu Senilawati berharap kepada Pemprov Kalteng agar dapat menggunakan anggaran Dana Bagi Hasil-Dana Reboisasi (DBH-DR) sumber daya alam (SDA) kehutanan secara tepat.

Pasalnya, Kalteng merupakan salah satu provinsi di wilayah Indonesia yang menerima DBH-DR SDA kehutanan cukup besar, sehingga dalam penggunaan anggaran tersebut harus benar-benar sesuai dengan peruntukannya serta tepat sasaran.

"DBH-DR ini merupakan hak daerah yang berasal dari penerimaan SDA Kehutanan dan diberikan kepada pemda untuk memenuhi kebutuhan pelaksanaan desentralisasi. Jadi, anggaran ini harus digunakan secara bijak, tepat dan sesuai peruntukannya," ucapnya, Selasa, 25 Juli 2023.

Ia mengungkapkan, terkait anggaran DBH-DR ini juga menjadi salah satu sorotan pihaknya dari pansus dalam Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun 2022, dan ada beberapa catatan yang harus diselesaikan serta perlu ditindak lanjuti.

"Ada beberapa catatan kita terkait dana DBH-DR yang dalam peruntukannya ada intasi tertentu yang diperbolehkan untuk memakai dana itu. Jadi kami harap, peruntukannya harus tertib dan dapat mengcover lahan kritis di Kalteng, karena alokasi anggaran untuk Kalteng ini cukup besar," ujarnya.

Selain itu, Pemprov Kalteng juga diharapkan untuk dapat secepatnya merespon setiap adanya temuan laporan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, sehingga kedepannya tidak ada laporan atau catatan yang terulang pada tahun-tahun berikutnya.

"Pada Prinsipnya, terkait dengan adanya temuan laporan atau catatan dari BPK, Pemprov Kalteng harus secepatnya menindaklanjuti laporan tersebut sehingga kedepannya tidak ada lagi laporan atau catatan yang sama pada tahun berikutnya," tukasnya. (DONNY D/J)

Berita Terbaru