Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Lamandau Minta Warga Belum Masuk DPT Segera Melapor

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 28 Juli 2023 - 14:51 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamandau telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu serentak tahun 2024 yakni sebanyak 75.387 pemilih. Meski demikian, warga yang belum masuk DPT diminta untuk segera melapor.

“DPT sudah kita tetapkan dan sudah kami umumkan melalui petugas PPS di setiap desa/kelurahan,” beber Ketua KPU Kabupaten Lamandau, Irwansyah di Nanga Bulik, Jumat, 28 Juli 2023.

Menurutnya, penetapan DPT ini merupakan hasil dari proses verifikasi dan validasi data yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Lamandau. Proses tersebut melibatkan berbagai tahapan, termasuk pemutakhiran data pemilih dan pemeriksaan keabsahan dokumen pendukung.

Melalui upaya ini, kata Irwansyah, KPU Kabupaten Lamandau bertujuan memastikan daftar pemilih yang terdaftar adalah warga negara yang memenuhi syarat dan memiliki hak pilih sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Kami telah melalui proses yang sangat ketat dalam memverifikasi dan memvalidasi data pemilih. Kami berharap DPT yang telah ditetapkan ini mewakili seluruh pemilih yang berhak menggunakan hak suara mereka dalam pemilu mendatang,” tuturnya.

Kendati demikian, dia menyampaikan, dengan penetapan DPT sebanyak 75.387 pemilih ini, KPU Kabupaten Lamandau tetap memberikan kesempatan kepada seluruh warga negara yang belum masuk dalam DPT agar berkoordinasi dengan PPS maupun PPK setempat atau langsung ke kantor KPU Kabupaten Lamandau di Nanga Bulik.

Diketahui, DPT yang ditetapkan KPU Kabupaten Lamandau sebanyak 75.387 pemilih, terdiri dari 40.070 berjenis kelamin laki-laki dan 35.317 perempuan tersebar di delapan Kecamatan. Adapun pemilih terbanyak di Kabupaten Lamandau berada di Kecamatan Bulik yang mencapai 28.363 pemilih.

Kemudian Kecamatan Sematu Jaya 10.053 pemilih, Kecamatan Menthobi Raya 9.385 pemilih, Kecamatan Lamandau 7.791 pemilih, Kecamatan Bulik Timur 6.470 pemilih, Kecamatan Belantikan Raya 5.963 pemilih, Kecamatan Delang 4.590 pemilih dan Kecamatan Batang Kawa 2.330 pemilih. (HENDI NURFALAH/J)

Berita Terbaru