Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

UMKM Punya Potensi Besar Serap Tenaga Kerja

  • Oleh Hendri
  • 02 Agustus 2023 - 15:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Wali Kota Palangka Raya, Umi Mastikah mengatakan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki potensi besar menyerap tenaga kerja.

Selain itu, basis usaha di UMKM terbukti kuat menghadapi berbagai krisis ekonomi. Sehingga dengan daya tahan yang kuat, UMKM perlu dikembangkan dengan berbagai kebijakan stimulus.

"Usaha mikro itu langsung menyerap angka pekerja. Dari sektor ini, perputaran transaksi, produksi dan distribusi berjalan cepat. Ada dampak instan bagi stabilitas ekonomi," katanya, Rabu, 2 Agustus 2023.

Karena itu perlu perhatian ekstra agar sektor usaha mikro cepat naik kelas. Menurutnya, pemerintah sudah mengambil kebijakan meningkatkan kapasitas usaha mikro dan kecil menjadi usaha menengah.

"Sektor terbesar dari UMKM adalah sektor mikro. Tetapi tidak semua pekerjanya sejahtera. Bagi saya ini perlu perhatian ekstra agar sektor mikro cepat naik kelas dan pekerjanya lebih sejahtera," ungkapnya.

Ia pun mengungkapkan bahwa sejauh ini Pemko mendukung berbagai kebijakan relaksasi bagi UMKM, antara lain subsidi bunga pinjaman, restrukturisasi kredit hingga insentif perpajakan. (HENDRI/J)

Berita Terbaru