Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Nursodik Gunarjo Ingatkan Aktualitas Foto Jurnalistik

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 04 Agustus 2023 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Direktur Pengelolaan Media Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo, Nursodik Gunarjo mengingatkan pentingnya aktualitas dalam foto jurnalistik.

Ia menilai, foto jurnalistik selain aktual harus informatif, faktual, relevan, dan otentik. Menjadi kombinasi antara bentuk visual (foto) dengan kata-kata yang mengungkapkan sebuah cerita.

Cerita dari sebuah peristiwa dibalut dalam bentuk kerangka 5W1H dan kemudian dipublikasikan kepada masyarakat.

"Pesan sebuah foto media pemerintah harus dapat memberikan aspirasi, informasi, pencerahan, dan mempersatukan bangsa,” bebernya saat membuka pelatihan fotografi di Kalpa Tree Dine and Chill, Bandung, Kamis, 3 Agustus 2023.

Komposisi fotografi akan membuat gambar menjadi memiliki cerita sehingga bisa dimaknai dengan baik oleh yang melihat hasil gambar tersebut.

Selain itu, komposisi fotografi menjadi pondasi yang cukup penting dalam dunia fotografi karena bisa membantu mengubah hasil jepretan menjadi karya seni yang cukup menarik dan bernilai.

Sebagai informasi, dalam kegiatan pelatihan ini Dinas Komunikasi Informasi Persandian dan Statistik (Diskominfosantik Kalteng mengirimkan dua pegawainya. (HERMAWAN DP/J) 

Berita Terbaru