Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Daerah Diminta Amankan Stok Pangan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 07 Agustus 2023 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian meminta pemerintah daerah mengamankan stok pangan sebagai langkah menjaga inflasi.

Ia ingin setiap daerah melakukan pengecekan ketersediaan bahan pangan pangan beras di distributor atau gudang Badan Urusan Logistik (Bulog).

“Pemerintah Provinsi, Kabupaten, dan Kota agar mengambil langkah-langkah antisipasi agar stok beras bisa tercukupi di tiap daerah,” sebut Tito saat rakor pengendalian inflasi bersama pemerintah daerah dan leading sektor terkait secara virtual, Senin, 7 Agustus 2023.

Pasalnya Berdasarkan prediksi ramalan cuaca oleh BMKG dua minggu lalu, sebagian wilayah sudah mengalami kekeringan dan tidak ada hujan sama sekali.

“Untuk itu, kita harus cek daerah mana yang kekurangan air dan kekeringan yang bisa mempengaruhi produksi pangan di daerah tersebut,” ungkapnya.

Menurut Tito, kunci utama adalah pada stok dan monitoring. Ia mengingatkan perlunya mengupayakan langkah-langkah untuk mencukupi kebutuhan air dan stok beras.

“Sebagai dampak dari El Nino dan situasi yang global, dimana rantai supply terutama gandum, beras, bawang putih, yang relatif banyak mengandalkan impor, maka kita harus betul-betul waspada terutama di daerah-daerah,” ungkapnya. (HERMAWAN DP/Y)

Berita Terbaru