Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Kalteng Berharap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat DAS Barito Diperhatikan

  • Oleh Donny Damara
  • 14 Agustus 2023 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi IV DPRD Kalteng, Henry berharap peningkatan kesejahteraan masyarakat yang ada di wilayah daerah aliran sungai (DAS) Barito dapat diperhatikan oleh pemda.

Kesejahteraan menjadi salah satu sektor yang sangat penting untuk diperhatikan, sebab khususnya di wilayah DAS Barito sendiri banyak masyarakat yang belum sepenuhnya sejahtera, sehingga ini perlu menjadi fokus perhatian.

"Kesejahteraan tentunya akan mengubah kehidupan masyarakat, dan itu memerlukan dukungan atau perhatian pemda. Kita ingin dijadikan sebagai salah satu fokus perhatian yang dijalankan dalam program," ucapnya, Senin, 14 Agustus 2023.

Ia mengungkapkan, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan banyak kalangan masyarakat terutama di wilayah DAS Barito yang menggantungkan hidup dengan berbagai usaha, meskipun itu secara illegal misalnya saja menambang emas.

Usaha ini tentu memiliki banyak resiko baik terkait pengerusakan alam maupun rawan rajia yang dilakukan oleh aparat penegak hukum. Akan tetapi masyarakat tidak memiliki pilihan lain, sebab usaha yang selama ini dijalankan seperti rotan dan karet harganya tidak stabil.

Sehingga, perhatian pemda terhadap persoalan ini sangat penting yakni agar dapat menetapkan lebih banyak lagi wilayah pertambangan rakyat (WPR) khususnya di wilayah DAS Barito, sebab salah satu usaha alternatif masyarakat disana yaitu menambang emas.

Tekait hal itu juga menjadi aspirasi masyarakat di wilayah DAS Barito kepada pihaknya ketika melaksanakan reses disana. Oleh karenanya, aspirasi masyarakat ini supaya dapat diakomodir agar dalalam menambang emas masyarakat tidak merasa khawatir lagi.

"Kebijakan atau aturan pemerintah harus bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, apalagi di DAS Barito ini banyak masyarakat yang bergantung hidup dengan menambang emas, jadi perhatian terhadap penetapan WPR ini perlu dijadikan fokus, agar kesejahteraan masyarakat pun bisa meningkat," tukasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru