Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bandiklat Kalteng Belum Terima Hasil Akreditasi LAN

  • 09 April 2016 - 17:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Pendidikan dan Pelatihan (Bandiklat) Provinsi Kalimantan Tengah belum menerima hasil penilaian akreditasi dari Lembaga Administrasi Negara (LAN). Padalah sejak tahun lalu LAN memperbarui akreditasi bagi badan pendidikan dan pelatihan (Bandiklat) yang periodesasinya sudah habis.

Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (Bandiklat) Provinsi Kalimantan Tengah, Muchtar, Sabtu (9/4/2016) mengatakan. pihaknya termasuk salah satu bandiklat yang melakukan perpanjangan akreditasi pada tahun lalu karena periodesisasinya sudah habis.

'Namun hingga saat ini kita belum menerima hasil penilaian dari pusat dan sampai sekarang masih menunggu. Mudah-mudahan pada bulan ini sudah ada hasilnya. Kita tunggu saja," ungkapnya kepada Borneo News, Sabtu (9/4/2016).

Ia mengatakan, lamanya proses penilaian akreditasi bandiklat tahun ini karena adanya perbedaan dalam sistem penilaian dibanding penilaian akreditasi pada tahun sebelumnya. Perbedaan utama adalah tidak lagi mengacu kuantitas pelaksanaan diklat dan seberapa banyak jumlah alumni diklat yang dihasilkan, namun akreditasi sebuah badan/lembaga/insansi penyelenggara Diklat dinilai melalui kualitas yang dihasilkan dari setiap alumni diklat atau agen perubahan.

Selain itu, lanjut Muchtar, akreditasi pola baru berkaitan dengan manajemen, perencaan diklat, pelaksanaan diklat serta evaluasi dan monitoring pasca-pelaksanaan diklat. 

"Sejauh mana alumni diklat melaksanakan tugas sesuaijabatannya, serta sejauh mana inovasi yang dilahirkan telah ditindaklanjuti pasca-diklat. Kinerja utama Bandiklat dipengaruhi oleh aspek-aspek tersebut," jelasnya.

Kepala Bandiklat Kalteng ini menyatakan, berdasarkan informasi terakhir yang dia peroleh, pihak penilai yang terdiri dari beberapa lembaga sedang dalam proses persidangan untuk menentukan akreditasi Bandiklat Kalteng.

"Kita hanya bisa berharap Bandiklat Kalteng mendapat akreditasi untuk melaksanakan Diklat Aparatur Sipil Negara. Mudah-mudahan dapat mempertahankan akreditasi yang sebelumnya, yaitu B," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/m)

Berita Terbaru