Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotim Dapat Tambahan Alat Cetak KTP dari Ditjen Dukcapil

  • Oleh Noor Annisa
  • 24 Agustus 2023 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kabupaten Kotawaringin Timur mendapatkan tambahan alat berupa modem berteknologi machine to machine (M2M) dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri RI yang dapat digunakan salah satunya untuk mencetak KTP.

Hal itu disampaikan Kepala Disdukcapil Kotim, Agus Tripurna Tangkasiang usai serah terima seperangkat alat M2M di Kantor Ditjen Dukcapil pada Kamis, 24 Agustus 2023.

"Kotim di tahun 2023 ini mengajukan surat permohonan peralatan M2M ke Ditjen Dukcapil Kemendagri dan di akhir bulan Agustus 2023 permohonan disetujui," ungkap Agus.

Dia menjelaskan, M2M ini merupakan teknologi canggih karena bisa langsung mengakses Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) pusat. 

"Alat tersebut digunakan untuk menunjang kegiatan jemput bola ke lapangan dalam artian sebagai alat penghubung ke server pusat," jelasnya.

Agus menyebut sebelumnya Disdukcapil Kotim sudah memperoleh 3 unit M2M sehingga menjadi 4 untuk saat ini. Adapun pengaplikasian M2M menggunakan provider yang umum digunakan masyarakat dengan jaringan minimal 3G.

M2M sebagai alat penunjang dalam melakukan pelayanan administrasi kependudukan diharapkan dapat memaksimalkan kinerja petugas pencatatan sipil, mempercepat pelayanan serta mempermudah masyarakat Kotim.

"Penggunaan M2M ini untuk semua pelayanan adminduk, perekaman dan cetak KTP, pelayanan KK dan akta-akta langsung bisa cetak ditempat, serta aktivasi IKD juga," tutupnya. (NOOR ANNISA/Y)

Berita Terbaru