Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPR RI Mukhtarudin: Pemerintah Harus Siapkan SDM Produktif Hadapi Bonus Demografi

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 26 Agustus 2023 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Anggota DPR RI dari Dapil Kalteng, Mukhtarudin mengatakan pemerintah harus menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan produktif, menghadapi bonus demografi.

Mengingat, Indonesia diperkirakan akan menghadapi era bonus demografi beberapa tahun ke depan, diperkirakan pada tahun 2030 hingga 2040 mendatang. Bonus demografi yang dimaksud adalah masa di mana penduduk usia produktif akan lebih besar dibanding usia nonproduktif.

"Saya kira ini penting dipersiapkan ke depan terutama dalam rangka menyambut masa bonus demografi. Generasi usia produktif ini banyak, harus dipersiapkan menjadi manusia produktif. Jangan sampai usianya produktif tapi tidak produktif. Sehingga, bisa menjadi beban bagi bangsa dan bisa menimbulkan masalah," kata Mukhtarudin saat hadiri pelatihan penyusunan karya tulis ilmiah bagi pelajar dan mahasiswa yang digelar BRIN, di Kuala Kapuas, Sabtu, 26 Agustus 2023.

Karenanya, lanjut dia penting digelarnya berbagai macam pelatihan-pelatihan dalam rangka meningkatkan kualitas SDM, seperti kegiatan hari ini pelatihan penyusunan karya tulis ilmiah bagi pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Kapuas.

Kegiatan ini merupakan program aspirasinya yang bekerjasama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sebagai bentuk perhatiannya dalam upaya meningkatkan kualitas SDM di Kalteng khsususnya.

"Harapannya ke depan pemerintah harus mempersiapkan itu agar usia produktif menjadi manusia yang mempunyai keunggulan, sehingga bisa menjadi modal dalam rangka membangun daerah," ucap Legislator dari Fraksi Golkar ini.

Selain itu, dia kembali berharap melalui pelatihan yang telah digelar di GPU Manggatang Tarung Kapuas yang diikuti ratusan pelajar dan mahasiswa serta umum ini dapat meningkatkan kualitas SDM.

"Karena SDM yang bagus ini bisa nanti sebagai aset dan modal dalam rangka membangun, baik bagi bangsa dan negara juga membangun Kabupaten Kapuas. Karena majunya sebuah bangsa dan negara dan daerah itu tergantung kualitas SDM nya," tuturnya.

Sebab, semakin bagus kualitas SDM maka semakin maju daerah dan negara itu dan ini terus akan pihaknya kembangkan.

"Inilah bagian ikhtiar kita. Saya harap, baik itu pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus bersama sama bersinergi mempersiapkan generasi ini. Karena kalau tidak kita siapkan kita sendiri yang menghadapi persoalannya. Karena generasi harus by design, regenerasi harus dipersiapkan. Kami hari ini diberikan amanah, diberikan jabatan, kewenangan untuk bisa membangun itu, sebagai bentuk upaya kami dan kontribusi kami dalam membangun masyarakat," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/J)

Berita Terbaru