Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Gumas Diajak Menerjemahkan Pancasila Sebagai Pedoman Bermasyarakat

  • Oleh Riska Yulyana
  • 28 Agustus 2023 - 22:45 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Bupati Gunung Mas Jaya S Monong menjadi pembina upacara pada Apel Kebangsaan yang dilaksanakan di halaman SMAKN 1 Kurun, Senin, 28 Agustus 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Jaya mengajak peserta upacara untuk menerjemahkan Pancasila sebagai pedoman bermasyarakat.

"Itulah tugas besar kita saat ini, untuk bersama-sama menerjemahkan Pancasila sebagai pedoman bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara seperti halnya telah dicontohkan oleh leluhur dan para pemimpin bangsa," ujar Jaya, Senin, 28 Agustus 2023.

Dia melanjukan, hal tersebut selaras dengan tema peringatan Hari Kelahiran Pancasila Tahun 2023, yaitu “Aktualisasi Pancasila, Energi Pertumbuhan Indonesia”

Dengan kata lain, aktualisasi Pancasila tidak akan bisa membumi, jika tetap hanya dijadikan mitos, tanpa memiliki model praktis dalam memecahkan masalah hidup masyarakat.

Dengan menjadikan Pancasila ideologi praktis, kata Jaya maka setiap perbedaan dapat diselesaikan secara damai dan bermartabat, karena memiliki landasan nilai-nilai, atas dasar prinsip musyawarah dan mufakat. Tak hanya untuk bangsa Indonesia, tetapi juga untuk perdamaian dunia. (RISKA YULYANA/H) 

Berita Terbaru