Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Sejumlah Desa di Seruyan Dambakan Jaringan Listrik PLN

  • Oleh Donny Damara
  • 30 Agustus 2023 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Sudarsono mengatakan masyarakat sejumlah desa di Kabupaten Seruyan saat ini mendambakan adanya sambungan jaringan listrik PLN yang menyala 2024.

Sudarsono mengungkapkan, hal itu diketahui berdasarkan hasil reses yang dilaksanakannya dengan mengunjungi sejumlah desa yang ada di Kabupaten Seruyan baru-baru ini. Misalnya saja Desa Parang Batang dan Paring Raya di Kecamatan Hanau.

"Bukan tanpa alasan sambungan jaringan listrik sangat didambakan masyarakat di dua desa itu, sebab saat ini belum ada jaringan listrik yang masuk dab kendalanya yaitu disana belum ada infrastruktur jalan yang memadai," ungkapnya, Rabu, 30 Agustus 2023.

Belum adanya akses jalan memadai menyulitkan pihak PLN melakukan pendistribusian atau membangun jaringan listrik hingga sampai desa tersebut. Padahal pihak PLN juga telah mencanangkan program di tahun 2024 seluruh desa di Kalteng teraliri jaringan listrik.

"Memang rata-rata desa yang belum teraliri jaringan listrik itu belum memiliki akses jalan darat yang memadai. Saya rasa ini akan menulitkan PLN melaksanakan program apabila tidak mendapat dukungan dari pemda baik provinsi maupun kabupaten," ujarnya.

Menurutnya, listrik akan dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, sehingga pemerintah pun harus dapat memperhatikan apa yang menjadi kewenangannya yaitu membangun infrastruktur jalan atau jembatan menuju desa-desa yang terisolasi.

"Khususnya di Seruyan, kita minta pemkab setempat memperhatikan hal ini. Bangun jalan-jalan ke desa-desa terpencil supaya jaringan listrik bisa cepat masuk dan dapat dinikmati masyarakat untuk penerangan dan lain-lain," tuturnya.

Selain itu, adanya infrastruktur jalan dan jembatan memadai juga akan dapat menekan pihak PLN melaksanakan percepatan pembangunan jaringan listrik ke desa-desa. Sebab, adanya jalan dan jembatan tidak ada lagi alasan bagi pihak PLN tidak mengaliri listrik.

"Saya rasa jika ada sinergitas sesuai tupoksi atau kewenangan masing-masing maka jaringan listrik akan dengan cepat dibangun misalnya saja ke Desa Parang Batang dan Paring Raya. Kita minta ini agar dapat menjadi perhatian bersama," imbuhnya. (DONNY D/J)

Berita Terbaru