Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Generasi Muda Diharapkan Memahami Terkait Hak Politik

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 01 September 2023 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Generasi muda Kabupaten Kapuas khususnya pemuda desa diharapkan dapat memahami berkaitan dengan peran dan hak politik dalam ketahanan masyarakat.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas PMD Kalteng Aryawan melalui Kabid Pemberdayaan Pengelolaan SDA Kawasan Perdesaan dan Ketahanan Masyarakat Fathuddin Noor, usai lakukan sosialisasi peningkatan peran serta generasi muda desa dan hak politik dalam ketahanan masyarakat, bertempat di Aula Bappeda Kapuas, baru-baru ini.

"Generasi muda adalah generasi yang diharapkan memiliki kemampuan berfikir kritis, inovatif dan kreatif dalam menghadapi tantangan dan persoalan bangsa, mengingat peran aktif pemuda dalam menyalurkan ide dan gagasan kritis yang inovatif sangat diharapkan karena pemuda adalah ujung tombak perjuangan yang bisa merubah kondisi bangsa ke arah yang lebih baik atau agent of social change," kata Fathuddin, Jumat, 1 September 2023.

Menurut dia politik adalah suatu proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang wujudnya adalah proses pembuatan keputusan khususnya dalam negara. 

Definisi politik juga dapat diartikan sebagai seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan, baik secara konstitusional maupun non-konstitusional. 

Dengan memahami peran dari generasi muda, arti politik, dan tujuannya, maka kita akan mengerti dan menyadari bahwa politik adalah bagian yang penting untuk tujuan bernegara, sehingga “Mindset” atau pola pikir kita terhadap politik itu jangan negatif. 

"Selain itu, saat ini teknologi komunikasi dan informasi begitu maju, informasi yang baik maupun yang buruk begitu mudah kita dapatkan, bijaklah dalam menyaring informasi karena ada kalanya mengandung hoax yang sifatnya menyesatkan, mengadung SARA, mengadu domba," ucapnya.

Sehingga, dapat memicu permusuhan dan perpecahan, sehingga akan menggoyahkan ketahanan masyarakat. 

"Kami berharap kita lebih bijak dan cerdas untuk menyaring berbagai informasi yang masuk, sehingga dalam berkehidupan dan berbangsa kita tetap selalu rukun, tenteram, damai dan ketahanan masyarakat pun semakin kuat," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/H)

Berita Terbaru